Jumat, 20 Oktober 2017

stock-index  Stock Index

Kabar Cyprus Genjot Minat Beli Ekuiti Asia

Senin, 25 Maret 2013 12:33 WIB
Dibaca 685

Monexnews - Secara umum bursa Asia hari ini rally (Senin, 25/3) terutama berkat kabar yang menunjukkan bahwa negara Cyprus hari ini mencapai kesepakatan untuk menerima dana bantuan dari pemberi pinjaman Eropa dan internasional guna menopang sektor perbankan yang kolaps serta mencegah keluarnya Cyprus dari zona euro.

Negara yang kini tengah mengalami defisit keuangan tersebut, akhirnya menyetujui kesepakatan dengan Bank Sentral Eropa (ECB), Komisi Eropa dan Dana Moneter Internasional - yang dikenal sebagai Troika - untuk mengamankan dana bantuan senilai 10 miliar euro ($ 13 miliar). Initinya kesepakatan tersebut membuat Siprus kini terhindar dari ancaman default atau kebangkrutan dan mengurangi peluang untuk keluar dari pengaturan mata uang tunggal euro.

Dan fokus pasar kini tertuju pada pertemuan para menteri keuangan dari 17-negara di kawasan euro di Brussels untuk mengkaji kesepakatan perjanjian yang telah dicapai oleh Siprus dan "troika" yang mewakili bank-bank internasional.

Di Asia, indeks Nikkei – Jepang rally di perdagangan awal pekan ini berkat sentimen positif pasar setelah muncul laporan bahwa negara Cyprus mencapai kesepakatan bailout dari ban-bank Eropa dan IMF, sehingga saham-saham keuangan dan perbankan hari ini unggul memimpin pasar. Tercatat saham sektor keuangan seperti Nomura Holdings Inc. kemudian Mitsubishi UFJ Financial Group Inc. dan Orix Corp. sahamnya masing2 rally lebih dari 2 persen. Indeks utama Nikkei tercatat rebound hingga 1.7% atau lebih dari +200 poin di kisaran 12549, sedangkan indeks Nikkei futures juga tercatat rally 140 poin dan berkisar pada area 12455. 

Kemudian di lantai bursa Seoul – Korea Selatan, kabar kesepakatan Cyprus yang menerima bailout internasional di tanggapi positif oleh kalangan pelaku pasar Korea sehingga mengangkat indeks Kospi melesat di perdagangan awal pekan (Senin, 25/3). Sentimen tersebut memicu rally blue chips dan membantu Kospi rebound lebih dari 1.4 persen dari titik rendah dalam lima pekan di hari Jumat lalu.

Tercatat raksasa teknologi Samsung Electronics melonjak 2 persen dan SK Hynix melejit hingga 2.3 persen. Sedangkan saham Hana Financial Group Inc. rebound 3.8% dan Woori Finance Holdings Co. melambung hingga 5% setelah sektor tersebut mengalami keterpurukan terkait adanya serangan cyber (cyber attack) yang telah memukul perbankan Korea dan target-target lainnya.

Sementara indeks bursa Hong Kong – Hang Seng juga di buka langsung rebound hari ini terutama berkat kabar bahwa negara Cyprus dan sejumlah bank internasional telah mencapai kesepakatan bersama dalam pencairan bailout sehingga mengangkat semangat para investor.

Sentimen positif tersebut turut memacu saham China Construction Bank Corp. dimana saham tersebut sudah unggul memimpin perbankan China setelah laporan pendapatan. Indeks benchmark Hang Seng (.HSI) terpantau menguat 0.9% ke area 22,310.81, sedangkan indeks Hang Seng futures tercatat menguat +130 poin di area kisaran 22270.(dar)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar