Rabu, 18 Januari 2017

stock-index Stock Index

Kabar Stimulus PBOC & Skotlandia Hijaukan Pasar Asia

Jumat, 19 September 2014 17:05 WIB
Dibaca 510

Monexnews -

Sebagian besar pasar Asia berakhir menguat di perdagangan akhir pekan ini (19/9) lantaran sentimen pasar terdongkrak oleh kabar positif atas langkah-langkah stimulus dari China serta kabar baik dari referendum Skotlandia yang akhirnya menolak untuk merdeka.

Pada sesi Kamis lalu, People's Bank of China (PBOC) telah memangkas suku bunga pinjaman berjangka pendek sekaligus menyuntikkan dana hingga $1.3 milyar ke dalam pasar uang.

Langkah kebijakan itu muncul beberapa hari setelah PBOC juga telah mencairkan dana hingga $81 milyar kepada 5 bank terbesar di China yang tujuannya untuk merestrukturisasi perekonomian yang rapuh.

Di lantai bursa Jepang, indeks utama Nikkei (N225) melejit hingga mencatatkan level tertinggi dalam 7 tahun terakhir setelah kurs yen merosot tajam hingga ke level rendah baru dalam 6 tahun terakhir pada 109.45.

Rebound Nikkei juga terbantu oleh sentimen positif investor setelah muncul kabar bahwa mayoritas warga Skotlandia menolak untuk berpisah dari Inggris, dan ingin tetap bergabung dengan Kerajaan Inggris.

Indeks Nikkei (N225) berakhir dengan rally +1.58%, lavel penutupan tertinggi sejak 2007 silam, sebelum terjadinya peristiwa Lehman Brothers. Untuk sepekan, Nikkei telah mencatat penguatan +2.3%.

Pasar Korea Selatan juga turut rally +0.3% setelah sebelumnya merosot hampir 1% di hari Kamis. Kendati demikian, data yang rilis hari ini menunjukkan tingkat harga produsen tahunan merosot di Agustus setelah naik di bulan Juni dan Juli.

Sementara bursa utama Hong Kong menguat solid di akhir pekan setelah IPO dari Grup Alibaba mampu mengimbangi sentimen di bursa AS, namun indeks tercatat masih merosot sepanjang sepekan. Indeks Hang Seng berakhir ditutup naik +0.57% dan untuk sepekan tercatat melemah (-1.2%).

 

 

 

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar