Rabu, 26 Juli 2017

stock-index  Stock Index

Kebanjiran Sentimen Negatif, Nikkei Koreksi Tajam

Jumat, 11 April 2014 15:18 WIB
Dibaca 432

Monexnews - Bursa saham Jepang mencatat kinerja terburuknya pada sesi perdagangan hari Jumat (11/04). Kombinasi antara negatifnya performa Wall Street semalam, penguatan nilai tukar Yen dan aksi jual investor asing menjadi biang keterpurukan indeks Nikkei.

Nikkei dibuka dengan pelemahan tajam pagi ini hingga ke posisi terburuknya sejak Oktober 2014. Hanya 20 menit sejak sesi pertama dibuka, spot indeks turun 2.8% ke level 13904.75. Padahal sejak akhir tahun lalu, Nikkei tidak pernah terjun ke bawah level psikologis 14000 sehingga memunculkan ekspektasi kalau peluang koreksi tidak akan terlalu parah.

Koreksi Nikkei sudah bisa diduga mengingat pasar saham Amerika melemah semalam. Nasdaq bahkan mencatat pelemahan terbesarnya sejak dua setengah tahun terakhir. Di saat yang sama, kurs Yen menguat terhadap Dollar sekaligus memperburuk prospek pendapatan pelaku ekspor dan nilai sahamnya di pasar. Nilai tukar USD/JPY terpantau pada posisi 101.732 sampai dengan siang ini.

Kondisi diperburuk oleh aksi jual investor asing, di mana total penjualan bersih sahamnya (pre-market) menembus 9.7 juta saham atau volume jual terbanyak sejak 4 Februari lalu. Pelaku pasar menilai ruang pelemahan Yen menyempit karena bunga obligasi Amerika sedang turun. Pertimbangan itulah yang membuat pemodal enggan memegang saham Jepang terlalu banyak.

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar