Senin, 23 Januari 2017

breaking-news Penjualan Ritel Inggris turun -1.9% di Desember vs. 0.2% di November, ekspektasi -0.1%.

stock-index  Stock Index

Kecemasan Yunani Picu Lonjakan Obligasi

Rabu, 10 Desember 2014 20:19 WIB
Dibaca 467

Monexnews -

Kecemasan politik Yunani masih mendominasi sentimen pasar saham dan Obligasi Yunani yang mengalami pelemahan harian tertajamnya semenjak tahun 1987. Efeknya reli santa claus yang biasanya terjadi di bulan Desember pada bursa Wall Street menjadi tertunda akibat situasi Yunani dan laporan data makro China yang mengecewakan.

Indeks Athex Yunani melemah -4% hari ini setelah sehari sebelumnya ditutup anjlok -13%. Sementara yield obligasi AS tenor 10-tahun melonjak ke level 8.42% mencerminkan kejatuhan harga obligasi akibat tingginya permintaan para investor pada asset safe haven ditengah fluktuasi liar bursa saham.

Meskipun yield obligasi Yunani pada tenor 10-tahun masih jauh dibawah level tertingginya di atas 30% pada krisis Euro di awal 2012, namun lonjakan pasar obligasi dari level 3 bulan lalu di level 5.5% mengindikasikan adanya ketegangan baru di Yunani.

Kekacauan ini dipicu oleh pengumuman pemerintah Yunani secara tiba-tiba bahwa parlemen akan mengambil voting untuk pemilihan Presiden baru pada tanggal 17 Desember, 2 bulan lebih awal dibanding jadwal untuk menggantikan Karolos Papoulias. Penggantian ini memicu ketakutan atas kemenangan partai oposisi Syriza yang dapat memenangkan pemilu nasional jika voting Presidensial gagal memberikan solusi yang dapat diterima semua pihak. 

(Sap)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar