Selasa, 26 September 2017

stock-index  Stock Index

Kekhawatiran Suriah Kembali Menghantui Bursa Eropa

Rabu, 4 September 2013 17:59 WIB
Dibaca 554

Monexnews - Sempat mengawali perdagangan di teritori positif, sebagian besar saham Eropa harus berbalik melemah pada hari Rabu seiring kembali meningkatnya kemungkinan intervensi militer AS terhadap Suriah. Beberapa data PMI dan penjualan ritel blok Euro yang lebih lemah dari perkiraan juga turut menggerus mood investor.

DAX Jerman dan CAC40 Perancis tergelincir ke zona merah, dengan masing-masing kehilangan 0,5% dan 0,8%. FTSE Inggris juga harus merosot sekitar 0,45%, meskipun data PMI sektor jasa melonjak ke level terkuat sejak Desember 2006.

Pada hari Selasa lalu, usulan Presiden AS Barack Obama untuk melakukan serangan terbatas terhadap Suriah telah mengantungi dukungan dari beberapa tokoh kunci di Kongres, termasuk Ketua House of Representatives John Boehner. Pimpinan Komite Hubungan Luar Negeri Senat AS mengatakan bahwa mereka telah mencapai kesepakatan atas rancangan otorisasi penggunaan kekuatan militer di Suriah, meskipun dengan waktu yang jauh lebih sempit dari permintaan Presiden Obama. Senat AS direncanakan akan melakukan voting atas usulan tersebut pada 9 September mendatang.

Investor juga akan memantau setiap perkembangan dari pertemuan puncak kepala negara dan pemerintahan G20 yang akan digelar besok di Rusia, yang kemungkinan akan diwarnai perdebatan seputar Suriah.

Dari lantai bursa, kinerja saham-saham maskapai penerbangan menjadi salah satu yang terburuk setelah Ryanair, yang sahamnya anjlok 14%, memperingatkan tentang resiko penurunan laba tahunan sebagai akibat merosotnya pemesanan. Sektor otomotif juga terpukul oleh proyeksi terbaru Moody’s Investors Service yang dirilis hari Rabu. Moody’s memperkirakan 4 produsen mobil di Eropa seperti Ford, General Motors, Fiat dan Peugeot-Citroen akan kehilangan volume penjualan total senilai €5 milyar ($6,6 milyar) sepanjang tahun ini, seiring anjloknya permintaan ke level terendah dalam 2-dekade. (vid)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar