Jumat, 20 Januari 2017

breaking-news Klaim pengangguran AS turun menjadi 234K di pekan lalu vs 249K, estimasi pada 252K

stock-index Stock Index

Kekhawatiran ‘Tapering’ Terus Membayangi Pasar Eropa

Rabu, 4 Desember 2013 19:33 WIB
Dibaca 472

Monexnews - Sempat mengawali perdagangan hari Rabu dari teritori positif, sebagian besar saham Eropa harus kembali melemah seiring kembali merebaknya kecemasan tentang wacana pengurangan program stimulus oleh Federal Reserve. Para investor juga terpantau enggan untuk mengambil posisi dalam jumlah besar menjelang beberapa even krusial di sepanjang sisa minggu ini.

DAX Jerman dan CAC40 Perancis tergelincir ke zona merah, dengan masing-masing kehilangan 0,1% dan 0,15%. Di Inggris, indeks FTSE harus merosot sekitar 0,2% pasca rilis data PMI sektor jasa bulan November yang lebih lemah dari perkiraan.

Kecemasan tentang tapering kembali membayangi sentimen pasar sejak awal pekan ini, menjelang rilis data GDP AS pada hari Kamis dan Non Farm Payrolls pada hari Jumat. Angka-angka yang positif tentunya akan semakin memperbesar kesempatan bagi bank sentral AS untuk memperlambat laju pembelian $85 milyar obligasi per bulan dalam pertemuan 17-18 Desember mendatang.

Rapat kebijakan European Central Bank pada hari Kamis juga turut menjadi perhatian pelaku pasar, yang ingin mengetahui proyeksi ekonomi zona Euro terbaru. Jika ECB mengisyaratkan laju inflasi akan tetap berada di bawah target hingga tahun 2015, maka itu akan membuka peluang untuk peluncuran langkah-langkah likuiditas baru pada tahun depan.

Data ekonomi zona Euro yang dirilis hari Rabu juga tidak banyak membantu sentimen pasar. Estimasi ke-2 GDP kuartal ke-3 mengkonfirmasi pertumbuhan ekonomi sebesar 0,1%. Sedangkan indeks aktivitas sektor jasa dirilis mixed. Indeks sektor jasa Italia merosot di bawah perkiraan menjadi 47,2, begitu pula dengan Perancis yang berkontraksi pada level 48,0. Sementara pertumbuhan aktivitas sektor jasa Jerman berhasil melampaui perkiraan dengan naik menjadi 55,7 pada bulan lalu. (vid)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar