Jumat, 15 Desember 2017

stock-index  Stock Index

Keputusan ECB Menekan Bursa Eropa

Kamis, 5 Februari 2015 15:56 WIB
Dibaca 599

Monexnews - Indeks-indeks Eropa kembali dibuka di zona merah karena pasar kembali gugup mengikuti perkembangan Yunani yang mendapatkan penolakan tegas European Central Bank (ECB). Seperti halnya yang terjadi pada Wall Street semalam dan bursa Asia, keputusan ECB untuk melarang bank-bank menggunakan surat utang pemerintah sebagai jaminan atas utangnya membuat indeks-indeks Eropa melemah karena investor masih menjauhi aset yang lebih berisiko seperti saham. Bank sentral Eropa menolak penawaran Yunani karena ratingnya rendah dan dianggap spekulatif. Kekhawatiran akan komitmen pemerintah baru Yunani dalam menjalankan reformasi sebelumnya menambah alasan keputusan ECB tersebut. Kini Yunani perlu memikirkan strategi lain dalam menghadapi krisisnya dan diperkirakan akan memerlukan biaya yang jauh lebih mahal.

Untuk saham korporat, bank Perancis BNP Paribas melaporkan penurunan tajam dalam laba bersih tahunannya yaitu sebesar 157 juta Euro ($178 juta) di tahun 2014, turun 96,7% dari tahun 2013. Saham BNP Paribas dibuka melemah 3%. Saham perusahaan reasuransi basis Jerman, Munich Re Group, turun 0,8% setelah melaporkan laba bersih kuartal IV yang sedikit lebih kecil dari prediksi. Menambah tekanan bursa Eropa, saham AstraZeneca, saham perusahaan farmasi dan biologi mulatinasional Inggris, juga turun 2,7%.

Untuk data awal sesi, indeks Jerman DAX dibuka turun 0,6%, indeks Perancis CAC turun 0,8%, dan indeks Inggris FTSE juga turun 0,6%. (YS)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar