Selasa, 24 Oktober 2017

stock-index  Stock Index

Kerusuhan Hong Kong Picu Pasar Asia Tampil Buruk

Selasa, 30 September 2014 17:09 WIB
Dibaca 492

Monexnews -

Mayoritas pasar saham Asia berakhir di teritori negatif pada perdagangan hari Selasa (30/9) akibat kecemasan investor terhadap perkembangan di Hong Kong termasuk rilis data dari China dan Jepang.

Menurut laporan, para demonstran kembali memblokade jalan-jalan di Hong Kong dan meluas hingga kawasan Admiralty, Causeway Bay dan Mong Kok di Kowloon.

Kerusuhan tersebut membuat indeks Hang Seng berakhir dengan terpuruk hingga 1.28% ke level rendah dalam 3 bulan terakhir. Indeks juga mencatat koreksi bulanan terbesarnya sejak Mei 2012 lalu lantaran investor melepas saham secara sporadis terkait adanya kerusuhan masal terburuk dalam beberapa dekade terakhir.

Sementara pasar Hong Kong akan tutup di hari Rabu dan Kamis karena libur nasional. Sedangkan indeks utama Nikkei ditutup pada level rendah dalam sepekan terakhir akibat terpukulnya saham-saham berbasis eksportir menyusul penguatan yen.

Kurs yen sendiri melesat kuat hingga ke level 109.16/dollar setelah menyentuh titik terendah dalam 6 tahun terakhir di hari Senin lalu. Nikkei akhirnya ditutup melemah 0.84%, sekaligus mencatatkan level penutupan terendah sejak 24 Sept. Dalam sebulan, indeks telah menguat sebanyak 4.9%.

Indeks KOSPI juga berakhir dengan merosot 0.32% ke level rendah dalam 2 bulan terakhir akibat aksi jual yang disertai perasaan pesimis setelah data domestik ‘industrial output’ mencatat angka terburuknya sejak 2008 lalu. Saham Samsung Electronics nampak memimpin penurunan pasar dengan melemah 1%.
(dar)

 

 

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar