Sabtu, 25 Maret 2017

stock-index  Stock Index

KIA & Hyundai Dominasi Penurunan KOSPI

Senin, 3 November 2014 9:37 WIB
Dibaca 441

Monexnews -

Setelah di akhir pekan lalu berakhir menguat ke level tinggi dalam 3 pekan terakhir, hari ini Senin, 03/11) bursa Seoul - KOSPI nampak terkikis pada kisaran negatif.

Aksi jual nampak mewarnai sebagian kalangan investor lantaran sentimen mereka terbebani oleh sejumlah data ekonomi yang mengecewakan dari dalam maupun luar negeri.

Kalangan investor nampak kecewa dengan data manufaktur dan non manufaktur yang di rilis dari China yang mengalami penurunan di bulan Oktober. Sedangkan dari dalam negeri Korea Selatan, investor kecewa dengan data aktivitas manufaktur yang dikalkulasi oleh HSBC yang menurun ke level 48.7 di Oktober dari bulan pada angka 48.8.

Pada pekan sebelumnya, pemerintah juga telah merilis indeks aktivitas sektor manufaktur yang juga menurun ke angka 76 dari sebelumnya pada level 78.

Alhasil, rilisan sejumlah data tersebut membuat kalangan investor kini cukup pesimis dengan prospek perekonomian negeri gingseng setelah data-data manufaktur domestik meneguhkan adanya ancaman perlambatan ekonomi pada negara terbesar No.4 di Asia tersebut.

Di lantai bursa Seoul nampak saham-saham berbasis eksportir otomotif mengalami aksi jual lantaran terseret oleh anjloknya saham KIA Motors yang terkoreksi hingga lebih dari 4%.

Merosotnya saham KIA yang merupakan ‘saudara dari perusahaan’ Hyundai Motor ini, terjadi setelah CEO KIA Motors mengajukan pengunduran diri pada hari Jumat silam. Presiden Lee Sam-woong mundur sebagai wujud tanggung jawab atas aksi demonstrasi yang dilakukan oleh serikat pekerja KIA yang menuntut kenaikan upah.

Untuk sementara Wakil Presiden dan CFO Park Han-woo akan mengambil alih pucuk pimpinan KIA Motos. Sedangkan saham KIA Motors dan Hyundai Motors masing-masing anjlok lebih dari 4% dan 3%.

Indeks utama KOSPI (KS11) tercatat melemah (-0.45%) dan tergerus (-8.80) poin pada kisaran 1955.63. Sedangkan indeks KOSPI-futures tercatat turun 0,4% atau (-1.00) poin dan diperdagangkan pada kisaran 249.20.
(dar)

 

 

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar