Selasa, 30 Mei 2017

stock-index  Stock Index

Kisruh Irak Picu Pelemahan Bursa Eropa

Senin, 16 Juni 2014 14:16 WIB
Dibaca 455

Monexnews -  Bursa saham Eropa dibuka melemah pada sesi perdagangan hari Senin (16/06). Pelaku pasar menahan aksi beli di tengah ketegangan militer yang terjadi di negara Irak.

Mengutip data Wall Street Journal hingga pukul 14.00 WIB, beberapa bursa saham benua biru langsung dibuka melemah di awal pekan. Indeks gabungan Stoxx 600 dibuka minus 0.2% ke posisi 346.36. Indeks DAX Jerman turun 0.3% ke level 9880.63 dan FTSE 100 Inggris terkoreksi 0.2% ke 6763.71. Sementara CAC 40 Prancis anjlok 0.3% ke 4527.86, menyusul pelemahan yang diderita bursa regional.

Seperti dijelaskan pada Market Mover Monexnews hari ini, konflik Irak memicu sentimen hindar risiko serta mendorong kenaikan harga minyak mentah dan emas. Indeks Dollar sempat bertahan di kisaran 80.59, dan sempat menguat saat berita konflik Irak baru berkembang pekan lalu. Eskalasi konflik Timur Tengah memuncak setelah pasukan militan di Irak mengakui telah membunuh total 1700 tentara pemerintah. Suasana di negara itu semakin tidak kondusif karena pasukan militer muslim dikabarkan te;ah menguasai sebagian besar wilayah, termasuk kota strategis Mosul.

Sementara di saat yang sama, tidak banyak data ekonomi yang diterima oleh investor pasar keuangan sejak pagi sampai Senin siang sehingga sentimen masih negatif. Sore hari nanti, investor akan menerima laporan data CPI (Indeks Harga Konsumen) tahunan zona Euro bulan Mei, di mana angkanya diprediksi sebesar 0.5% atau sama dengan estimasi CPI versi cepat (CPI Flash Estimate). Apabila data CPI lebih rendah dibandingkan perkiraan itu, maka kurs Euro bisa tertekan. Nilai tukar EUR/USD kini terpantau pada posisi 1.3523.              

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar