Kamis, 30 Maret 2017

stock-index  Stock Index

KOSPI Berakhir Merosot Akibat Sentimen Negatif Domestik

Selasa, 28 Oktober 2014 13:18 WIB
Dibaca 506

Monexnews -

Hingga sesi siang di perdagangan hari Selasa (28/10), indeks KOSPI - Korea Selatan terpantau masih tertekan di zona degradasi akibat terbawa suasana aksi jual di pasar Asia serta tergerus oleh data indeks sentimen konsumen domestik yang menurun.

Data consumer sentiment index bulan Oktober tercatat menurun ke level 105 dari bulan sebelumnya di angka 107. Data tersebut merupakan yang terendah dalam 3 bulan terakhir sekaligus membebani pergerakan bursa Seoul hari ini.   

Terkait data tersebut, bank sentral Korea Selatan (BOK) menjelaskan bahwa penurunan indeks itu sejalan dengan pemangkasan outlook ekonomi tahun 2015 yang telah dilakukan oleh berbagai institusi keuangan, termasuk efek dari melambatnya ekonomi domestik sepanjang tahun ini.

Mengacu pada data yang di rilis 24 Oktober lalu, angka pertumbuhan GDP kuartal III y/y (GDP annual growth rate) tercatat menurun ke level 3.2% dari kuartal sebelumnya setahun lalu di angka 3.5%, dan tipis di bawah ekspektasi sebesar 3.3%.

Di lantai bursa nampak saham Samsung Heavy Industries dan Samsung Engineering masing-masing merosot lebih dari 1 persen akibat investor membukukan profit melalui aksi jual mereka setelah saham ini rally hingga 7 persen pada hari Senin lalu.

Rebound saham tersebut terjadi setelah para pemegang saham akhirnya menyetujui prosesi merger yang dilakukan oleh kedua raksasa itu dengan nilai mahar sebesar $ 2.5 milyar.

Indeks utama KOSPI akhirnya ditutup melemah 0.33% dengan merosot sebanyak 6.29 poin pada level 1925.68.
(dar)

 

 

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar