Selasa, 30 Mei 2017

stock-index  Stock Index

Kospi Cetak Rekor Rendah Tahun Ini

Jumat, 21 Juni 2013 11:03 WIB
Dibaca 325

Monexnews - Indeks bursa Kospi kembali terkoreksi di perdagangan akhir pekan (Jumat, 21/6) bahkan kali ini indeks mencatatkan level terendah tahun 2013, level-level yang pernah disentuh pada Juli 2012 silam.  

Berlanjutnya koreksi Kospi terutama akibat akumulasi kekhawatiran investor pasca pernyataan the Fed yang akan mengurangi program pembelian stimulus dalam waktu dekat bila perekonomian Amerika menunjukkan gejala perbaikan. Keadaan kian diperparah setelah mata uang yen kembali melemah hari ini. Kurs yen hari ini ditransaksikan pada kisaran 97.26 setelah sempat terpuruk lemah hingga 97.43 per dollar AS, platform Reuters.

Indeks Kospi tercatat merosot hingga -1.90% atau menurun sebanyak -35.13 poin pada kisaran harga 1815.36. Sedangkan indeks Kospi fut juga ikut melemah hingga -4.75 di area 235.60. Sementara pelemahan yen hari ini turut menggerus eksportir raksasa seperti Samsung Electronics yang kembali merosot hingga 2.5% Sedangkan eksportir teknologi lainnya juga memperparah koreksinya dengan LG Display dan SK Hynix masing-masing anjlok 3%.

Selain itu, saham Lotte Chemical jatuh hingga 5%, dan LG Chemical serta Hanwha Chemical masing-masing tumbang sekitar 4 persen. Diantara saham broker, Woori Finance dan Hana Financial masing-masing juga melemah 2%.

Merupakan fakta bahwa imbas dari pelemahan yen terhadap dollar AS belakangan ini membuat saham-saham sektor eksportir Korea Selatan terpukul sehingga tak heran bila indeks bursa Seoul – Kospi turut mengalami koreksi tajam sepanjang bulan Juni. Pelemahan mata uang Jepang telah menjadi momok menakutkan belakangan ini karena hal itu memicu eksportir lokal kurang bersaing terhadap rivalnya Jepang di pasar dunia.(dar)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar