Jumat, 28 Juli 2017

stock-index  Stock Index

Lagi, Rally Asia Terbebani Faktor Geopolitik

Senin, 12 Mei 2014 17:48 WIB
Dibaca 415

Monexnews -

Bursa Asia menguat dengan penuh waspada di perdagangan hari Senin (12/5) lantaran investor cemas dengan kemungkinan eskalasi konflik sipil di Ukraina setelah pemberontak anti-Kiev menyatakan kemenangan atas hasil referendum di hari Minggu lalu untuk membentuk pemerintahan sendiri.

Sedangkan eskalasi ketegangan di Thailand dan Vietnam juga ikut menyita perhatian investor. Namun harapan reformasi pasar modal dari China mendongkrak bursa China dan bursa lain di kawasan.

Indeks Nikkei berakhir melemah setelah sentimen diguncang oleh data yang menunjukkan menyusutnya surplus perdagangan Jepang bulan Maret. Gejolak krisis Ukraina juga turut membatasi minat investor untuk berisiko. Indeks utama Nikkei akhirnya di tutup melemah (-0.35%).

Sedangkan bursa Seoul menguat di hari ke-3 beruntun berkat rally saham Samsung Electronics sehingga membatasi keluarnya arus modal asing. Investor juga turut menyambut kabar bahwa pimpinan Samsung, Lee Kun-hee telah pulih setelah mendapat serangan jantung pada akhir pekan lalu. Indeks Kospi ditutup menguat (+0.4%).

Sementara bursa Hong Kong melejit berkat pasar menyambut cetak biru reformasi pasar modal setelah di hari Jumat lalu, pemerintah China berencana mengurangi belenggu regulasi di pasar, termasuk membangun sistem yang dapat menggiring investor untuk melakukan IPO dan memudahkan akses bagi modal asing untuk masuk ke sejumlah perusahaan China. Indeks Hang Seng berakhir ditutup dengan melesat (+1.82%).

 

 

 

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar