Kamis, 19 Oktober 2017

stock-index  Stock Index

Langkah Summers Melegakan Pasar Eropa

Senin, 16 September 2013 17:27 WIB
Dibaca 495

Monexnews - Sebagian besar saham Eropa diperdagangkan di sekitar level tertinggi 5-tahun pada awal pekan ini, seiring investor mengapresiasi pengunduran diri Larry Summers sebagai kandidat pengganti Ketua Federal Reserve AS, Ben S. Bernanke.

DAX Jerman dan CAC40 Perancis melambung, dengan masing-masing mengumpulkan 1,2% dan 0,9%. Sedangkan FTSE Inggris menguat sekitar 0,75% dalam 2 jam pertama perdagangan.

Summers, yang sebelumnya merupakan salah satu penasehat ekonomi utama Presiden AS Barack Obama, dinilai pelaku pasar lebih hawkish dibandingkan Bernanke. Sehingga pencalonan dirinya dianggap akan mengekang kebijakan stimulus ekonomi Fed, yang selama ini telah mendorong apresiasi aset-aset beresiko termasuk saham.

Pengunduran diri Summers otomatis kembali menempatkan Janet Yellen sebagai kandidat utama pengganti Bernanke. Yellen dikenal memiliki pandangan yang tidak berbeda jauh dengan Bernanke, sehingga dinilai oleh para investor lebih mungkin untuk melanjutkan kebijakan moneter longgar Bernanke yang berfokus pada pertumbuhan.

Dari lantai bursa, saham Lufthansa beranjak menguat pada hari Senin pasca Reuters melaporkan bahwa maskapai penerbangan Jerman itu telah memesan puluhan pesawat jet komersial kepada Airbus dan Boeing untuk mengembangkan rute jarak jauh.

Sementara saham perusahaan minyak Spanyol, Repsol, juga terapresiasi menyusul berita tentang kesepakatan akuisisi dengan salah satu perusahaan minyak Amerika Utara. Perusahaan yang berbasis di Madrid ini dikabarkan juga telah menyiapkan dana antara $5 milyar sampai $10 milyar untuk meningkatkan investasi di negara-negara yang stabil secara politis. (vid)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar