Senin, 23 Januari 2017

stock-index  Stock Index

Mayoritas Bursa Asia Terinspirasi Wall Street

Senin, 6 Mei 2013 12:54 WIB
Dibaca 392

Monexnews - Mayoritas bursa saham Asia rally di perdagangan awal pekan ini (Senin, 6/5) berkat terinspirasi oleh Wall Street yang rebound hingga mencetak rekor tertinggi dalam sejarah pada Jumat lalu setelah dirilisnya data ketenaga kerjaan Amerika yang membaik di atas ekspektasi.

Pada penutupan perdagangan hari Jumat lalu, indeks saham Dow Jones sempat.melesat hingga mencatat rekor di atas level 15000 dan berakhir pada 14973.96, sedangkan indeks S&P 500 berakhir dengan rekor penutupan tinggi di atas level 1600. Dalam laporannya di akhir pekan lalu, angka Non-farm Payrolls AS (NFP) bulan April mengalami lonjakan hingga 165.000 melampaui estimasi 145.000. Dan angka pengangguran di luar perkiraan menurun menjadi 7.5% dari sebelumnya di level 7.6%. Sementara NFP bulan Maret yang sebelumnya tercatat 88.000, akhirnya di revisi naik menjadi 138.000.

Imbas dari membaiknya data ketenaga-kerjaan itu, tidak hanya positif untuk dollar AS, namun juga turut memicu penguatan harga komoditas dunia termasuk harga minyak dan emas. Hari ini lantai bursa Tokyo Jepang tutup berkenaan libur nasional di negerinya. Sementara Mata uang yen Jepang kembali melemah di perdagangan awal pekan ini terkait rally dollar AS (USD) pasca laporan ketenaga-kerjaan Amerika Serikat yang dirilis sangat positif. Yen kini terpantau bergerak di area 99.08 terhadap USD setelah sempat tergerus hingga 99.20 di awal sesi. Sedangkan titik terkuatnya baru terbatas di level 99.00.(dar)

Di lantai bursa Seoul, indeks Kospi terpantau rally hingga 0.14% terutama karena investor masih terpengaruh oleh penguatan harga komoditas khususnya harga minyak dan sejumlah logam pada hari Jumat lalu. Sehingga hari ini nampak saham perusahaan energi seperti Keystone Global rebound hingga 15 persen dan Choil Aluminium melonjak hingga 7 persen. Para investor di bursa Seoul hari ini juga nampak terfokus pada langkah Bank of Korea (BOK) yang diperkirakan akan mempertahankan kebijakan bunga-nya pada pertemuan hari Kamis mendatang.  

Sementara di lantai bursa Hong Kong, indeks Hang Seng juga turut menguat karena termotivasi oleh rally Wall Street pada Jumat lalu setelah data tenaga kerja bulan April muncul membaik melebihi ekspektasi. Tercatat indeks utama Hang Seng (HSI) rally lebih dari 1.1% ke area 22980.56, nyaris ke level 23000. Sementara indeks Shanghai Composite China juga turut menguat 0.6%, dan memperluas gain-nya pada hari Jumat lalu sebanyak 1.4%. Di lantai bursa nampak saham HSBC Holdings PLC menguat 1%, saham China Construction Bank Corp. rally 0.9%, sementara operator terminal pelabuhan China Cosco Holdings Co. juga rebound 1.9%.(dar)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar