Senin, 23 Januari 2017

stock-index  Stock Index

Melemah, Indeks Eropa Mencerna Kabar dari Amerika

Selasa, 15 Januari 2013 15:49 WIB
Dibaca 459

Monexnews - Sebagian besar bursa saham Eropa hari Selasa (15/01) dibuka melemah. Penurunan kinerja saham sedikit banyak dipengaruhi olehpernyataan menteri keuangan Amerika Serikat, Timothy Geithner, beberapa saat lalu. Geithner memperingatkan pihak kongres untuk segera menaikkan plafon hutang atau pemerintah akan 'default' pada pertengahan Februari atau awal Maret.


Pemerintah Amerika Serikat (AS) terancam kehabisan dana untuk melanjutkan operasional negara di sekitar bulan Februari hingga awal Maret 2013. Apabila hal itu terjadi, maka disinyalir akan memicu kerusakan ekonomi jangka panjang yang berujung pada penurunan peringkat hutang negara di mata dunia. Kemungkinan tersebut hanya bisa dihindari apabila kongres menyetujui kenaikan plafon hutang yang saat ini ditetapkan sebesar $16,4 triliun."Semua pihak harus memahami bahwa kualitas kredit Amerika tidak bisa dijadikan alat tawar untuk berbagai kepentingan politik," sindir Geithner dalam suratnya kepada pejabat tinggi kongres. Surat itu juga diterima oleh juru bicara John Boehner, yang selama ini dikenal sebagai seteru abadi pemerintah.


Aksi hindar risiko untuk sementara waktu juga merebak di Eropa. Saham-saham perbankan dan produk kesehatan memimpin pelemahan hari ini. Indeks Stoxx Europe 600 turun 0.2% ke 286.54, meski saham kelas berat Hennes & Mauritz AB melonjak 2.8% pasca laporan penjualannya. Sementara Burberry Group PLC melambung hingga 6% setelah data penghasilan kuartal III memperlihatkan penjualan yang bagus sepanjang liburan Natal lalu. Indeks DAX 30 Jerman minus 0.4% ke 7,699.64, sedangkan CAC 40 Prancis minus 0.3% ke 3,698.26. Indeks Inggris, FTSE 100, flat pada level 6,101.87.

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar