Senin, 11 Desember 2017

stock-index  Stock Index

Nikkei Cemaskan Perbankan Portugal

Jumat, 11 Juli 2014 7:18 WIB
Dibaca 490

Monexnews - Nikkei terpuruk setelah kasus perbankan Portugal membuat investor kembali cemas dengan potensi kembalinya krisis keuangan di zona-euro. Investor khawatir dengan kesehatan perbankan Portugal setelah perusahaan konglomerat Espirito Santo International (ESI) menunda pembayaran bunga obligasi jangka pendek. ESI merupakan induk perusahaan Banco Espirito Santo (BES), bank terbesar di Portugal, dan ini menimbulkan kecemasan akan kesehatan bank tersebut. Ini semakin menambah kecurigaan terhadap Banco Espirito Santo pasca munculnya keganjalan akuntasi pada bulan Mei silam. 

Bank sentral Portugal utarakan sovency BES cukup kuat dan bank sentral telah mengambil langkah untuk menjamin tidak adanya penularan dari konglomerat ESI kepada BES. Pemerintah Portugal masih punya 6 miliar euro untuk menyelamatkan sektor perbankan. Meski demikian, investor kini khawatir mengantisipasi kemungkinan kasus ESI sebagai awal dari kembalinya krisis keuangan di Portugal.

Investor juga cemas dengan daya saing eksportir Jepang dengan nilai tukar yen yang berkutat dekat level terkuat dalam 1 bulan terakhir terhadap dollar AS. USD/JPY menyentuh 101.05 semalam; semakin menjauhi level terlemah 3 minggu 102.25 yang diraih pekan silam. Nikkei turun 0,82% dan kini diperdagangkan di level 15105. (fr)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar