Minggu, 28 Mei 2017

stock-index  Stock Index

Nikkei Lawan Arus Pelemahan Asia

Senin, 8 April 2013 11:25 WIB
Dibaca 459

Monexnews - Bursa saham Jepang kembali menguat di hari Senin (08/04) berkat pelemahan nilai tukar Yen terhadap mata uang utama lainnya. Di lain pihak, sebagian besar bursa saham Asia terpantau melemah akibat terpengaruh potensi perang dua Korea, flu burung di China dan hasil data tenaga kerja Amerika yang mengecewakan.

Spot indeks Nikkei melonjak 2% ke level 13,091.95 dan kontrak berjangkanya naik ke 13.145. Adapun indeks saham regional lain yang mampu menuai penguatan adalah S&P/ASX Australia, dengan rasio kenaikan sebanyak 0,3%.

Indeks saham utama China, Shanghai Composite, sedang melemah sekitar 1,1% di tengah kekhawatiran soal epidemi flu burung. Kecemasan yang sama membuat indeks-indeks saham yang terafiliasi dengan ekonomi negeri tirai bambu turut melemah. Taiex Taiwan merosot 2,3% dan Hang Seng turun sekitar 0,1%. Di Korea Selatan, indeks acuan Kospi juga melemah akibat terpengaruh sentimen regional dan ketakutan akan pecahnya perang pekan ini.

Kasus flu burung menghambat prospek ekonomi di negara China dan mitra kerjanya. Masalah ini rentan memicu lonjakan harga pangan dalam beberapa waktu ke depan karena adanya pengurangan suplai dari daerah-daerah. Adapun sektor-sektor yang paling terpukul oleh masalah kesehatan ini adalah asuransi, maskapai penerbangan, produk konsumen dan retail. Di lain sisi, produsen farmasi dan otomotif bisa diuntungkan oleh perkembangan terbaru di China itu.

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar