Jumat, 24 November 2017

stock-index  Stock Index

Nikkei Mendominasi Rally Bursa Asia

Senin, 25 Februari 2013 12:43 WIB
Dibaca 390

Monexnews - Secara umum rally bursa Asia di awal pekan ini (Senin, 25/2) di dominasi oleh rebound saham-saham Jepang yang mencapai 2 persen setelah Yen kembali terpuruk terkait kabar bahwa pemerintah kemungkinan bakal mencalonkan Haruhiko Kuroda, Presiden Bank Pembangunan Asia dan penganjur pelonggaran moneter yang agresif, sebagai pimpinan Bank Sentral Jepang (Bank of Japan) berikutnya.  

Hingga sesi siang Yen diperdagangkan pada kisaran 94.09 seteleh melemah hingga 94.76. Pelemahan Yen langung memberikan dorongan bagi sejumlah saham-saham lokal maupun yang berorientasi eksport. Indeks Nikkei tercatat rally 2.19% menjelang penutupan dan bergerak pada area 11634.51 atau menguat sebanyak 249.74 poin. Sementara indeks Nikkei diperdagangan bursa berjangka menguat sebanyak +225 poin di area 11630.

Sentimen pasar juga terangkat oleh data ekonomi dari Eropa yang positif serta komentar meyakinkan dari pejabat Federal Reserve yang mengangkat bursa saham Wall Street di akhir pekan lalu. Presiden Federal Reserve St. Louis, James Bullard mengatakan di hari Jumat lalu bahwa kebijakan pelonggaran uang yang agresif dari bank sentral akan tetap berjalan untuk "jangka panjang." Komentar tersebut langsung mendongkrak indeks Dow Jones melejit, meskipun indeks utama lainnya berakhir ditutup di zona merah.

Hal lain yang mengangkat momentum penguatan hari ini adalah berita yang menyebutkan bahwa sentimen bisnis Jerman melonjak di hari Jumat pada angka tercepatnya sejak Juli 2010 di Februari. Sementara penggerak lainnya di pasar Asia hari ini adalah dirilisnya data manufaktur PMI China-HSBC yang tergolong masih ekspansi di bulan Februari dengan mencatat angka 50.4 dari sebelumnya 52.3.(dar)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar