Kamis, 21 September 2017

stock-index  Stock Index

Nikkei Pimpin Penguatan Saham Asia

Selasa, 2 September 2014 10:53 WIB
Dibaca 549

Monexnews - Bursa saham Asia terpantau menguat pada sesi perdagangan hari Selasa (02/09). Indeks Jepang memimpin trend penguatan regional seiring pelemahan nilai tukar mata uangnya terhadap Dollar. 

Sampai dengan pukul 10.47 WIB, indeks Nikkei menguat 1.2% atau 192.82 poin di tengah penguatan kurs Dollar ke level tertingginya dalam 7 bulan terakhir terhadap Yen, yakni di posisi 105. Pelemahan Yen merupakan kabar baik bagi emiten berbasis ekspor karena potensi laba dari penjualan produk di luar negeri jadi meningkat.

Di China, indeks Shanghai Composite naik 0.3% dan Shenzhen Composite menguat 0.6%. Investor sudah melupakan hasil data manufaktur Tiongkok yang negatif kemarin dan mengalihkan fokus pada sinyal stimulus ekonomi baru dari pemerintahnya.

Dari luar negeri, pengaruh positif datang dari Eropa. Pelaku pasar Asia optimis kalau European Central Bank akan segera merilis stimulus ekonomi baru dalam waktu dekat. Namun demikian, tidak ada yang mengetahui strategi apa yang akan dipakai oleh otoritas Eropa dalam pertemuannya Kamis besok. Sangat terbuka peluang keluarnya paket pembelian obligasi atau quantitative easing sebagai cara untuk memasukkan dana ke sistem keuangan.

Terlepas dari kinerja bursa saham Asia yang bagus, volume perdagangan hari ini relatif sepi karena investor tidak mendapat rangsangan dari penutupan Wall Street semalam. Pada Senin kemarin, bursa Amerika Serikat memang tutup karena memperingati hari buruh.

Di benua Australia, indeks negeri kangguru S&P/ASX 200 terpantau naik 0.2% dan Strait Times Singapura cenderung flat. Adapun indeks Hang Seng Hong Kong menurun 0.2%. Pelaku pasar kini menantikan hasil laporan purchasing managers index Amerika Serikat yang baru dirilis nanti malam.

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar