Rabu, 20 September 2017

stock-index  Stock Index

Nikkei Pimpin Performa Apik Asia

Senin, 25 Februari 2013 10:25 WIB
Dibaca 437

Monexnews - Indeks saham Jepang melonjak di sesi perdagangan hari Senin setelah muncul laporan dari Asia Development Bank (ADB) bahwa kepala lembaga Haruhiko Kuroda akan menjadi gubernur baru Bank of Japan (BOJ). Nikkei tampil paling mencolok di tengah kinerja positif pasar ekuitas regional.

Indeks Nikkei melambung hampir 2% hari ini, kemudian disusul oleh S&P/ASX 200 Australia yang meraup gain 0,7%. Hang Seng dan Shanghai composite masing-masing mencatat kenaikan 0,1% dan 0,6%, sedangkan KOSPI Korea terpantau flat.

Kabar penunjukan Kuroda sebagai pemimpin BOJ memicu optimisme di pasar karena ia dikenal sebagai sosok yang anti-deflasi. Jika ia benar terpilih, kebijakan BOJ diharapkan lebih longgar dan pro-pertumbuhan bisnis. Menurut lembaga keuangan Credit Agricole, Kuroda merupakan sosok yang 'agresif dan dovish'. Institusi ini juga menyebut satu dari dua kursi deputi gubernur akan menjadi milik Kikuo Iwata, orang yang selalu mengkritik kebijakan konservatif BOJ dalm satu dasawarsa terakhir.

Sejak akhir tahun lalu, bursa saham terombang-ambing oleh proyeksi masa depan ekonomi di bawah aturan moneter BOJ yang kaku. Pasar menantikan adanya revolusi pimpinan sehingga arah kebijakan menjadi lebih berpihak kepada pertumbuhan ekonomi dan inflasi. Setelah Shinzo Abe menjabat, harapan soal percepatan ekonomi kembali mencuat khususnya di pasar investasi. Sepanjang tahun ini saja, Nikkei sudah meraup kenaikan 11,3% dan kurs Yen melemah 8,4% terhadap Dollar.

Saham-saham keuangan dan eksportir menjadi primadona hari ini. Sumitomo Mitsui Financial Group Inc. meroket 1.9%, Daiwa Securities Group Inc. naik 3.5% dan Shinsei Bank Ltd.bertambah 2.5%. Adapun saham eksportir yang menikmati kabar penunjukan Kuroda adalah Sony Corp., yang menguat 2.6%. Olympus Corp. juga mencatat lonjakan harga sebanyak 2.4% dan Advantest Corp. mencetak gain 3%.

 

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar