Sabtu, 25 Maret 2017

stock-index  Stock Index

Nikkei Unggul di Pasar Asia Meski Lesu Momentum

Selasa, 2 September 2014 17:03 WIB
Dibaca 597

Monexnews -

Seiring pasar AS tutup terkait Hari Buruh di awal pekan, aktivitas investor di Asia terlihat melempem sehingga turut mengikis momentum pasar di perdagangan hari Selasa (02/09).

Sikap investor juga nampak waspada terhadap berlanjutnya ketegangan politik antara Ukraina & Rusia. Namun, bursa Jepang unggul di pasar Asia dengan rally mencapai tertinggi lebih dari sebulan terakhir akibat yen melemah ke level terendah sepanjang tahun 2014 ini.

Di lantai bursa Tokyo, pelemahan yen langsung melesatkan sektor eksportir & industri manufaktur karena hal itu akan menaikkan pendapatan luar negeri. Indeks utama Nikkei berakhir rebound +1.24% ke level 15,668.60, tertinggi sejak medio Januari silam.

Sedangkan indeks KOSPI - Korea Selatan justru mengalami tekanan, bahkan indeks mencatat level rendah dalam sepekan dan berakhir anjlok (-0.79%) setelah data inflasi tahunan merosot ke level rendah dalam 5 bulan di Agustus.

Pertumbuhan angka inflasi tahunan Korea Selatan (CPI growth y/y) tercatat +1.4% pada bulan Agustus, menurun dari angka sebelumnya pada level 1.6%. Pada sesi sebelumnnya, sentimen pasar juga telah diciutkan oleh data ekspor bulan Agustus yang mengecewakan yang anjlok signifikan dari bulan sebelumnya.

Alhasil, rilis data-data tersebut akhirnya memicu ekspektasi pasar bahwa bank sentral Korsel kemungkinan memiliki peluang untuk menurunkan suku bunga pada pertemuan di akhir bulan ini.

Sementara bursa Hong Kong berakhir melemah tipis (-0.01%) namun pulih dari sesi rendahnya setelah sejumlah indeks utama di pasar China mencapai kisaran tinggi baru tahun ini.  (dar)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar