Selasa, 24 Januari 2017

breaking-news Keputusan Mahkamah Agung Inggris: proses formal Brexit harus melalui persetujuan parlemen.

stock-index  Stock Index

Optimisme Pemulihan Amerika Hijaukan Asia

Rabu, 27 Maret 2013 12:20 WIB
Dibaca 393

Monexnews - Secara umum pasar Asia hari ini (Rabu, 27/3) nampak bergerak di area positif terutama berkat terangkat oleh Wall Street yang berakhir positif semalam setelah data-data fundamental Amerika Serikat (AS) yang baik sehingga mencerminkan berlanjutnya pemulihan yang moderat pada perekonomian negeri Paman Sam.

Data yang rilis di hari Selasa kemarin menunjukkan permintaan terhadap durable goods (produk tahan lama) buatan Amerika Serikat (AS) melonjak di bulan Februari sehingga meneguhkan bahwa aktivitas pabrikan tengah melanjutkan ekpansinya. Sementara harga rumah untuk single-family di Amerika mengawali tahun 2013 ini juga dengan kenaikkan tahunan terbesar sejak bulan Juni 2006.

Namun demikian rally sejumlah indeks saham di Asia nampak lesu dan terkendala oleh kekhawatiran terhadap penularan masalah Cyprus yang masih menghinggapi para investor. Hingga hari ini masalah bailout Cyprus masih menjadi perhatian para pelaku pasar dunia. Bank-bank di negeri itu kembali tutup dan diharuskan mematuhi peraturan terhadap pengawasan permodalan ketika mereka membuka kembali transaksinya, hal ini bertujuan untuk mencegah larinya dana-dana deposito ke luar negeri. Dan Menkeu Michael Saris mengatakan bahwa deposan besar bisa kehilangan sekitar 40 persen dari dana yang disimpan, namun angka sebenarnya belum diputuskan.            

Di Asia, indeks Nikkei – Jepang (N225) nampak berubah positif dan melanjutkan rally di perdagangan hari Rabu setelah di awal sesi tadi pagi sempat terjepit di kisaran negatif. Indeks Nikkei memangkas koreksi sebelumnya dan pulih kembali terutama berkat berlanjutnya pelemahan Yen yang terpuruk hingga ke area 94.91 per dollar, merosot dari level tinggi dalam dua minggu terakhir yang tercatat di awal pekan pada kisaran 93.50.

Sedangkan indeks Kospi – Korea Selatan juga nampak masih kokoh di teritori positif terutama selain termotivasi penguatan Wall Street semalam, rally indeks juga berkat pelemahan mata uang won yang turut mengangkat indeks Kospi. Mata uang won tercatat melemah hingga level 1.107 setelah mencapai level tinggi dalam satu pekan terakhir terhadap dollar AS pada sesi Selasa kemarin.

Kalangan eksportir biasanya menjadi sektor pertama yang bereaksi saat mata uang bergejolak. Maka bila mata uang won melemah, eksportir langsung rally karena hal itu dipastikan bakal menaikkan nilai pendapatan mereka saat mereka repatriasi atau pulang kembali kenegara asalnya.

Sementara indeks bursa Hong Kong – Hang Seng juga di perdagangkan dengan kinerja yang apik terkait positifnya data-data fundamental Amerika serta rally bursa Shanghai China yang memicu aksi beli hampir di semua lini saham. Di lantai bursa Hong Kong, saham sektor perbankan nampak unggul lantaran terseret naik oleh saham Bank of China Ltd. yang rebound hingga sekitar 2.5% setelah laba pendapatan tahun 2012 dilaporkan naik 12% dan mematahkan estimasi pasar. Sedangkan saham Agricultural Bank of China Ltd. menguat 1.1% juga setelah laporan pendapatan. Selain itu saham Jiangxi Copper Co. rally 2.7% dan Air China Ltd. menguat 2.2%,

Fokus pasar hari ini tertuju pada serangkaian data-data ekonomi dari negara-negara besar seperti data sentimen konsumen dari Jerman dan Swiss. Kemudian data current account dari Inggris dan indeks iklim bisnis untuk kawasan euro yang kembali akan menunjukkan penurunan.(dar)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar