Rabu, 26 Juli 2017

stock-index  Stock Index

Optimisme Pemulihan Global Hijaukan Asia

Senin, 4 Februari 2013 12:02 WIB
Dibaca 428

Monexnews - Mengawali pekan ini (Senin, 4/2), mayoritas lantai bursa di Asia bergerak di zona positif berkat bangkitnya lagi optimisme pasar yang dipicu oleh rally Wall Street ke level tertinggi dalam 5 tahun terakhir di akhir pekan lalu.

Wall Street melesat setelah data-data ekonomi hari iru di luar perkiraan membaik sehingga dapat menjaga ekspektasi pemulihan ekonomi Amerika yang solid. Selain itu berlanjutnya kebijakan pelonggaran moneter dari Federal Reserve, turut mengangkat minat resiko. Sementara rilis data manufaktur dari Eropa dan Cina yang solid, juga memperkuat sentimen untuk mengambil sejumlah portofolio yang lebih bersiko.

Hari Jumat lalu, data Amerika menunjukkan angka Non Farm Payrolls masih menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan sebesar 157 ribu di bulan Januari, angka tersebut hampir sesuai dengan ekspektasi pasar dan analis. Sedangkan ISM manufaktur PMI mengalami lonjakan ke angka 53.1 dari sebelumnya 50.7. dan data construction spending juga menguat sebesar 0.9% dari sebelumnya 0.1%.

Di Asia, indeks Nikkei – Jepang kembali rally hingga ke level tinggi baru dalam 33 bulan terakhir berkat bangkitnya kembali optimisme investor terhadap pelemahan Yen yang diharapkan bisa membantu eksportir. Hari ini mata uang Yen kembali melemah tajam hingga ke level 92.90 setelah melejit ke titik terlemahnya pada 92.96 di akhir pekan lalu (1/2) pasca data-data ekonomi Jepang yang muncul mengecewakan. Selain itu meningkatnya optimisme terhadap perekonomian serta meredanya masalah utang zona euro, membuat para investor berani mengambil resiko lebih besar.

Sedangkan indeks Kospi – Korea Selatan rally lantaran ekuiti dunia melejit setelah Wall Street sukses mencetak level tinggi dalam 5 tahun terakhir hari Jumat lalu akibat bangkitnya sentimen berkat kuatnya data ekonomi. Sentimen pasar juga masih positif pasca rilis data ekspor Korea Selatan yang membaik sehingga memberikan prospek cerah bagi sektor korporasi. Tingkat permintaan ekspor sepanjang bulan Januari lalu melonjak hingga 11.8% dari sebelumnya yang merosot -5.7%. Data ekspor tersebut merupakan kenaikkan pertama dalam 8 bulan terakhir.

Sementara indeks bursa Hong Kong – Hang Seng juga terpantau rally karena terangkat oleh saham finansial dan properti yang melonjak setelah Wall Street rebound berkat data ketenaga kerjaan yang solid di akhir pekan lalu. Selain itu rally Hang Seng juga terangkat oleh bursa Shanghai China yang menguat setelah angka non manufaktur PMI bulan Januari - rilis hari Minggu kemarin mengalami kenaikkan. Hal itu turut menambah optimisme pasar bahwa membaiknya angka-angka ekonomi China menempatkan negeri tirai bambu tersebut kini berada dalam fase pemulihan yang solid.(dar)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar