Rabu, 26 Juli 2017

stock-index  Stock Index

Optimisme Stimulus Global Angkat Bursa Asia

Selasa, 5 Maret 2013 11:59 WIB
Dibaca 647

Monexnews - Bursa Asia secara umum menguat di perdagangan hari Selasa (5/3) seiring tumbuhnya kembali optimisme pasar di tengah munculnya spekulasi bahwa sejumlah bank sentral dunia akan terus melanjutkan langkah-langkah stimulus ekonominya.

Selain itu, investor di Asia juga nampak tersemangati setelah semalam indeks Dow Jones A.S berhasil rebound hingga mencapai level tertinggi sejak penutupan tahun 2007 silam. Penguatan terjadi setelah wakil pimpinan Federal Reserve (the Fed) - Janet Yellen menyebutkan bahwa bank sentral A.S akan menggelontorkan dana hingga 85 miliar USD setiap bulannya untuk membeli obligasi.

Sedangkan dari Asia, bank sentral Jepang juga bersedia akan memperluas anggaran dasar moneter negara guna mendongkrak semua sektor perekonomian. Program tersebut di serukan oleh Kikuo Iwata, salah seorang calon kandidat yang akan menjabat sebagai deputi gubernur Bank Sentral Jepang (BOJ).

Di sejumlah lantai bursa di Asia, Nikkei nampak memimpin rally dengan melenggang ke atas level 11700 terutama terkait terus menerusnya ekspektasi terhadap pelonggaran moneter selanjutnya yang turut melemahkan mata uang Yen. Dan sejumlah eksportir nampak rebound terkait mata uang yen yang hingga hari ini tercatat masih lemah di atas level 93 per dollar. Indeks Nikkei tercatat rebound hingga level 11767.61 setelah akhirnya stabil di kisaran 11759.31, dan Nikkei futures melejit hingga 11785 setelah akhirnya juga stabil di area 11735 atau menguat +85 poin.

Kemudian indeks Kospi – Korea Selatan hari ini juga nampak menguat di kisaran positif setelah kemarin terpuruk cukup signifikan akibat aksi jual institusi lokal sekaligus profit taking. Penguatan indeks hari ini terutama karena investor kini menantikan sinyal petunjuk dari pertemuan parlemen tahunan China serta data-data ekonomi sebagai petunjuk dan arah pasar.

Sejumlah saham yang sensitif dengan bursa Wall Street nampak membantu Kospi duduk nyaman di atas level 2000. Saham SK Hynix melonjak hingga 3.5%, sementara Samsung Electronics rally 1.4%. Indeks utama Kospi sendiri sempat melejit hingga lebih dari 0.6% ke 2031.65. Sementara indeks Kospi futures juga turut menguat +2.35 poin di area level 269.10.

Sementara Indeks bursa Hong Kong – Hang Seng mengalami rally di perdagangan hari ini lantaran investor termotivasi oleh indeks Dow Jones yang rebound hingga mencapai level tertinggi sejak penutupan tahun 2007. Penguatan Dow Jones terutama berkat adanya spekulasi bahwa Federal Reserve akan melanjutkan langkah-langkah stimulus ke dalam perekonomian, meskipun suasana pasar masih dibayangi oleh masalah pemotongan anggaran belanja pemerintah.

Dan rally Hang Seng hari ini nampak masih di hantui oleh kekhawatiran terhadap langkah pengetatan di China serta lesunya perekonomian di negeri China itu sendiri, sehingga hal itu nampak menggerus beberapa sektor saham menjelang pertemuan parlemen tahunan negara.(dar)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar