Selasa, 28 Maret 2017

stock-index  Stock Index

Pasar Asia Berjalan Lesu Jelang Rapat BOE dan ECB

Kamis, 4 September 2014 12:19 WIB
Dibaca 519

Monexnews -

Sejumlah lantai bursa Asia nampak berjalan lesu di perdagangan hari Kamis (4/9) lantaran minimnya pertunjuk pasar terutama setelah saham-saham di Wall Street rata-rata berakhir negatif di tengah sikap hati-hati seiring situasi di bursa global dan regional kurang kondusif.

Kalangan investor juga terlihat menahan diri dalam bertransaksi karena mereka saat ini tengah terfokus ke pertemuan tiga bank sentral tingkat dunia yaitu Bank of Japan (BOJ), Bank of England (BOE) dan European Central Bank (ECB).

Pada sesi pagi di perdagangan Asia, Bank of Japan (BOJ) telah merilis hasil rapatnya dimana pihaknya kembali mempertahankan kebijakan sebelumnya dan tidak mengumumkan stimulus baru, sesuai ekspektasi.

Dalam pernyataannya, bank sentral Jepang tetap berpegang pada janjinya untuk terus menggelontorkan anggaran dasar moneter sebesar 60-70 triliun yen (572 - 667 milyar dollar) tiap tahunnya melalui program pembelian aset, terutama terhadap obligasi pemerintah Jepang.

Dan fokus pasar kini tertuju kepada hasil rapat ECB dan BOE, dimana BOE diprediksi tidak akan mengubah kebijakan moneternya. Namun demikian, perhatian pasar akan tersita ke pernyataan ECB yang akan di rilis beberapa saat setelah keputusan suku bunga acuan di umumkan.

Dalam momen tersebut, pasar diharapkan bisa mendapat informasi atas kebijakan moneter terbaru yang akan diterapkan untuk ke depannya. Hanya saja, kalangan pemerhati pasar saat ini memperkirakan bahwa ECB kemungkinan tidak akan mengeluarkan kebijakan QE (quantitative easing) terkait aturan yang melarangnya seperti yang telah digariskan dalam kebijakan Uni Eropa.

Namun setidaknya, pihak ECB bisa saja hanya mengeluarkan bentuk stimulus lainnya seperti memperluas fasilitas kredit murah untuk perbankan, atau melakukan pembelian aset lainnya seperti asset backed securities (ABS) yang dikeluarkan korporasi di zona euro.

Hinga sesi perdagangan siang di Asia, tercatat indeks Nikkei-Tokyo melemah (-0.2%), indeks bursa Hong Kong - Hang Seng terkikis (-0.2%), bursa Seoul-Kospi naik 0.2% dan indeks Shanghai China menguat tipis 0.1%. Sedangkan indeks utama ASX-200 Sydney Australia merosot (-0.5%).

 

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar