Rabu, 18 Januari 2017

breaking-news PM Inggris Theresa May: Pemerintah Akan Ajukan Kesepakatan Brexit Baru Untuk Voting Parlemen

stock-index Stock Index

Pasar Asia Menghijau Pasca Kebijakan Suku Bunga China

Senin, 24 November 2014 9:33 WIB
Dibaca 554

Monexnews -

Secara umum sentimen pasar Asia nampak positif di perdagangan awal pekan ini (24/11) lantaran para investor menyambut baik kebijakan penurunan suku bunga acuan oleh bank sentral China (People's Bank of China) yang di rilis pada hari Jumat lalu.

Pemangkasan suku bunga tersebut merupakan kebijakan untuk kali pertama sejak 2012 lalu sebagai upaya untuk mendongkrak perekonomian, sekaligus untuk meredakan kekhawatiran terhadap perlambatan ekonomi China yang kini mulai melukai negara-negara eksportir yang memiliki pasar utama China.

Bank snetral China (People's Bank of China) menurunkan suku bunga deposito 1-tahun sebesar 25 basis poin menjadi 2,75%, dan suku bunga pinjaman bertenor 1-tahun di pangkas 40 basis poin menjadi 5,6%. Dan kebijakan tersebut juga turut menaikkan harapan bahwa permintaan sektor komoditas akan meningkat di negeri China.

Penguatan pasar Asia hari ini juga termotivasi oleh kinerja bursa saham AS yang kembali mencatat rekor tertinggi baru di akhir pekan lalu dimana indeks Standard & Poor 500 (S&P 500) mencatatkan penguatan mingguan yang ke-5.

Rally bursa tersebut terutama seiring munculnya optimisme terhadap perekonomian global setelah bank sentral China dan Eropa telah memberikan sinyal terhadap langkah-langkah stimulus tambahan. Bahkan hari ini ECB (Bank Sentral Eropa) di jadwalkan akan mengumumkan dimulainya program pembelian aset-aset berbasis sekuritas (ABS buying program).

Tercatat indeks utama KOSPI-Korsel menguat +0.66% dan indeks utama Hang Seng - Hong Kong (.HSI) rebound +1.74, serta indeks Shanghai komposit China rally +0.84%. Sedangkan pasar Jepang (N225) hari ini tutup berkenaan hari libur Labor Thanksgiving Day.
(dar)


 

 

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar