Sabtu, 27 Mei 2017

stock-index  Stock Index

Pasar Asia Terfokus Pergerakan Kurs Yen-Jepang

Kamis, 6 November 2014 12:14 WIB
Dibaca 1702

Monexnews -

Secara umum pasar Asia bergerak variatif di perdagangan hari Kamis (06/11), dengan bursa Nikkei-Jepang dan Hang Seng-Hong Kong terjebak di kisaran negatif meskipun tersedia katalis positif dari pasar Amerika Serikat.

Investor Asia hari ini terfokus ke pergerakan Nilai tukar Yen yang terus meroket hingga mencapai level 115 terhadap dollar AS sekaligus merupakan kisaran terendahnya dalam 7 tahun terakhir.

Keterpurukan yen terutama akibat rebound Greenback terkait kemenangan partai Republik dalam pemilu sela di Amerika Serikat. Kemenangan tersebut setidaknya memberikan kontrol atas 2 majelis Kongres AS untuk kali pertama sejak tahun 2006.

Kemenangan partai Republik tersebut juga memberikan harapan investor akan adanya kebijakan yang lebih pro-bisnis, sekaligus memperkecil potensi kebuntuan politik di AS. Momen itu diharapkan juga bisa membantu proses percepatan pemulihan ekonomi, sehingga hal itu otomatis menguntungkan Greenback.

Sentimen pasar juga terbantu oleh data ketenagakerjaan AS yang lebih baik dari ekspektasi. Laporan ADP menunjukkan bahwa kalangan perusahaan swasta berhasil menyerap 230.000 pekerja pada bulan Oktober lalu, kenaikan terbesar sejak Juni lalu.

Data ADP tersebut biasanya dijadikan acuan bagi data tenaga kerja AS versi pemerintah yang akan dirilis pada hari Jumat besok. Apiknya data tenaga kerja AS semakin meningkatkan spekulasi the Fed akan menaikkan suku bunga lebih cepat.

Kurs yen sempat meroket hingga 115.49 versus dollar, namun akhirnya terkoreksi hingga ke kisaran 114.45 setelah investor melakukan profit taking sekaligus untuk membatasi pelemahan yen lebih lanjut terutama menjelang munculnya sejumlah event penting hingga akhir pekan.    

Aksi profit-taking yen tersebut juga berimbas ke lantai bursa saham Jepang. Indeks Nikkei (N225) nampak tergerus hingga 0.6% ke kisaran 16833.70, setelah sebelumnya melonjak hingga level 17045.94. Dan indeks Nikkei futures kini diperdagangkan 16840, menjauhi level tinggi harian 17095.

Sedangkan bursa Hong Kong mengalami tekanan menyusul penangkapan sejumlah aktivis yang berdemo oleh aparat hari ini setelah mereka rencananya akan melanjutkan demonstrasi hingga akhir tahun.

Sementara indeks KOSPI - Korea Selatan mengalami penguatan berkat rally saham Hyundai Steel yang rebound hingga 4% setelah pihaknya mencatat lonjakan laba operasional hingga 133% untuk tahun fiskal ini pada kuartal Juli s/d September.   
(dar)

 

 

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar