Selasa, 24 Januari 2017

stock-index  Stock Index

Pasar Eropa Merespon Positif Keputusan ECB

Kamis, 4 Juni 2015 0:55 WIB
Dibaca 860

Monexnews - Saham Eropa ditutup menguat pada hari Rabu setelah European Central Bank mempertahankan suku bunga acuan tidak berubah. ECB memutuskan menahan suku bunga acuan di rekor rendah 0,05%, suku bunga fasilitas deposito di -0,20% dan fasilitas pinjaman marjinal di 0,3%. Dalam konferensi pers pasca pengumuman kebijakan tersebut, Presiden ECB Mario Draghi juga menaikkan proyeksi inflasi untuk tahun ini menjadi 0,3% dan 1,5% untuk tahun depan. 

Sementara data yang dirilis hari Rabu menunjukkan aktivitas bisnis blok Euro sedikit melambat pada bulan Mei. Angka final dari Markit menunjukkan PMI komposit, yang mencakup sektor jasa dan manufaktur, bertengger di 53,6 pada bulan lalu, melampaui estimasi awal namun lebih rendah dibandingkan angka bulan April. Sedangkan tingkat pengangguran di kawasan Euro turun menjadi 11,1% pada bulan April dari 11,2% pada bulan Maret, mengacu dari laporan Eurostat.

Bagaimanapun, Yunani masih tetap menjadi fokus utama pasar seiring meningkatnya harapan akan tercapainya kesepakatan hutang dengan kreditur. Athena dikabarkan telah menerima rincian proposal dari para kreditur, termasuk Komisi Eropa, IMF dan ECB, yang mencakup persyaratan untuk mencetak surplus anggaran utama sebesar 1% dari GDP tahun ini. Hal itu mungkin akan menempatkan PM Alexis Tsipras di bawah tekanan, seiring Yunani mendekati tenggat waktu pembayaran €300 juta ($327,9 juta) kepada IMF pada hari Jumat mendatang.

Indeks FTSE100 Inggris ditutup sekitar 0,3% lebih tinggi, menjelang rapat kebijakan Bank of England pada hari Kamis. Seperti pasar Eropa lainnya, indeks DAX Jerman dan CAC Perancis juga ditutup positif dengan masing-masing mengumpulkan 0,8% dan 0,6%. (vid)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar