Rabu, 24 Mei 2017

breaking-news Moody's turunkan peringkat kredit China, AUDUSD turun 20 pip ke 0.7453

stock-index  Stock Index

Pasar Global Kondusif Picu Rally Asia

Rabu, 20 Februari 2013 11:01 WIB
Dibaca 548

Monexnews - Bursa Asia secara umum hari ini (Rabu, 20/2) mengukuhkan penguatannya ke level tinggi dalam 18 bulan terakhir seiring positifnya sentimen pasar terutama setelah tingkat kepercayaan investor Jerman meningkat serta pelemahan Yen yang kembali mendongkrak prospek pendapatan bagi eksportir Jepang.

Indeks Nikkei – Jepang kembali melanjutkan rally di perdagangan hari Rabu seiring mata uang yen kembali melemah setelah sempat menguat pada sesi sebelumnya. Selain berkat pelemahan yen, rally Nikkei hari ini juga terbantu oleh rilis data perdagangan tadi pagi yang dianggap pasar cukup baik. Bursa Tokyo rally bersama kalangan eksportir lainnya setelah data perdagangan membaik di bulan Januari.

Meskipun defisit neraca perdagangan mencapai rekor tinggi sepanjang bulan lalu, namun tingkat ekspor melonjak 6,4% dari tahun sebelumnya yang tercatat -5.8% dan mematahkan perkiraan 5,6% dari survei Reuters. Sedangkan angka import melonjak signifikan sebesar 7.3% dari tahun sebelumnya 1.9%. Sementara angka defisit perdagangan Jepang kian membengkak hingga 1629 miliar yen dari periode sebelumnya 641.5 miliar yen.

Sedangkan indeks Kospi – Korea Selatan juga turut melonjak di perdagangan hari Rabu berkat derasnya aksi beli investor asing terkait meningkatnya sentimen beresiko berkat banyaknya kabar positif dari manca negara. Selain itu, minat beli pasar juga termotivasi oleh bursa saham Amerika yang melonjak semalam sehingga mengirim indeks Standard & Poor 500 ke level tertinggi dalam 5-tahun terakhir.

Optimisme pasar Korea kian bertambah setelah data menunjukan bahwa tingkat kepercayaan investor di Jerman meningkat cukup drastis. Angka sentimen ekonomi Jerman dari ZEW meingkat tajam ke level 48.2 dari periode sebelumnya 31.5 dan berhasil mematahkan prediksi pasar dan analis sebesar 35.0. Bursa saham Seoul dalam beberapa sesi belakangan ini sempat tertekan, namun kemudian dapat melanjutkan penguatannya hingga mendekat kisaran tinggi dalam tiga pekan terakhir karena terbawa oleh rally pasar global yg mencapai hingga di atas 1 persen sejak awal bulan Februari.

Sementara Indeks Hang Seng rebound juga berkat tertular oleh penguatan Wall Street sehingga turut membantu mengangkat sentimen. Nampak sektor energi dan asuransi memimpin dengan unggul diperdagangan bursa Hang Seng. Hari ini fokus pasar tertuju pada data eknomi PPI dari Jerman dan Amerika kemudian data ketenaga kerjaan Inggris serta Minutes FOMC dari Federal Reserve Amerika.(dar)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar