Rabu, 20 September 2017

stock-index  Stock Index

Pemilu Italia Merahkan Bursa Asia

Selasa, 26 Februari 2013 11:03 WIB
Dibaca 493

Monexnews -Pemilu Italia yang belum usai, tadi malam (25/02) memicu penguatan tajam yen Jepang. Hal ini sontak membuat kinerja bursa Asia terkoreksi. Pasar telah mencerna penguatan yen tadi malam yang mengindikasikan bahwa mata uang Jepang dapat kembali mendapat status safe haven di tengah hindar resiko global yang terpicu oleh pemilu di Italia. Dolar kemarin tercatat melemah terhadap yen sebesar 1.7%, persentase pelemahan harian terbesar terhadap yen sejak Mei 2011. 

Kecemasan pasar timbul akibat kebuntuan politik yang terjadi di Italia yang dapat berimbas pada implementasi langkah pelonggaran yang dibutuhkan bagi perekonomian. Hari ini dolar mencoba untuk pulih dan saat ini berada di Y92.46 dibandingkan dengan Y91.81 hari Senin malam di New York. Dolar masih terlihat bergerak di bawah level tinggi hari Senin di Y94.77.

Nikkei -1.4% ke 11.420, indeks mengalami penurunan tajam dari kenaikan sebesar 2.4% sehari sebelumnya. Saham eksportir praktis tertekan. Diantara saham ekportir yang mengalami penurunan tajam adalah Honda Motor 1.8% dan Advantest Corp. yang turunt 3.4%. Japan Tobacco turun hanya 0.9% akibat berita bahwa pemerintah Jepang akan menunda penawaran saham perusahaan sebesar $10 miliar, tindakan yang sudah diantisipasi pasar selama beberapa bulan ini. Euro relatif menguat di sesi Asia.

Euro di $1.3045 dibandingkan dengan $1.3062, sedikit pulih setelah hari Senin sempat turun 1%. Pemilu di Italia dinilai belum memicu kepanikan yang lebih besar," menurut Sean Callow, analis mata uang senior Westpac Institutional Bank, Sydney. "Kami menunggu pasar obligasi Italia dibuka hari ini untuk melihat apakah investor asing akan melihat ini sebagai peluang untuk melakukan pembelian atau tidak." Bursa Australia juga melemah dengan S&P/ASX 200 -0.7%. Atlas Iron dan QBE Insurance Group masing-masing turun 4.1% dan 2.0% setelah merilis earnings terakhir. Di Hong Kong, indeks Hang Seng tercatat turun 0.5% dan Indeks Shanghai Composite China +0.1%. Kospi Korea Selatan turun 0.4%.

(din)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar