Minggu, 23 April 2017

stock-index  Stock Index

Penguatan Yen Benamkan Nikkei

Jumat, 27 Juni 2014 14:01 WIB
Dibaca 398

Monexnews - Bursa saham Jepang, Nikkei, menutup pekan ini dengan merosot tajam akibat penguatan yen membebani kinerja eksportir Jepang dan menyeret Nikkei. Hingga perdagangan hari ini yen telah menguat tiga hari beruntun terhadap dollar, dan berada pada level tertinggi dalam empat pekan terakhir.

Inflasi inti Jepang untuk bulan Mei dilaporkan naik 3,4% dari periode yang sama tahun sebelumnya, sesuai dengan estimasi ekonom, dan lebih tinggi dari bulan sebelumnya sebesar 3,2%. Sementara itu tingkat pengangguran Jepang bulan Mei turun menjadi 3,5% dari bulan sebelumnya 3,6%. Data lain menunjukkan penjualan ritel bulan Mei yang turun 0,4% dari tahun sebelumnya, namun masih lebih baik dari estimasi penurunan sebesar 1,9%. Data-data tersebut membuat investor semakin optimiis Bank of Japan akan menahan diri untuk memberikan stimulus moneter lebih lanjut dan memenguatkan yen.

Nikkei mengikuti pergerakan Wall Street yang pada perdagangan kemarin ditutup melemah setelah Presiden Federal Reserve St. Louis, James Bullard, memberikan sinyal kemungkinan kenaikan suku bunga lebih cepat.  Bullard mengatakan FOMC sudah lebih dekat dengan target full employment serta inflasi yang rendah dan stabil, dari yang investor bayangkan. Ekonomi AS tahun ini diperkirakan akan tumbuh sebesar 3% setelah berkontraksi pada kuartal I, dan ekonomi AS cukup tangguh untuk bertahan dari kenaikan tingkat suku bunga tahun depan.

Indeks utama Nikkei ditutup merosot 213,49 poin atau 1,40% menjadi 15095,00. Sementara Nikkei Futures saat ini diperdagangkan pada kisaran 15105 dengan level tertinggi harian 15310 dan terendah 15025 (platform Monex Trader). (pap)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar