Kamis, 19 Oktober 2017

stock-index  Stock Index

Pernyataan QE ECB Gairahkan Pasar Saham Eropa

Jumat, 23 Januari 2015 1:26 WIB
Dibaca 513

Monexnews - Bursa saham Eropa melejit ke level tertinggi dalam lebih dari tujuh tahun pada hari Kamis setelah European Central Bank menguraikan rencana mereka untuk memperluas program pembelian aset, sebuah langkah yang di tunggu-tunggu oleh pasar karena zona Euro yang sedang berjuang dengan inflasi yang stagnan dan pertumbuhan ekonomi yang loyo.

Lonjakan yang luar biasa di bursa saham Eropa dipimpin oleh saham-saham di sektor utilitas dan keuangan karena Presiden ECB Mario Draghi mengatakan bahwa bank di bulan Maret akan mulai membeli obligasi pemerintah sebesar 60 milyar euro ($69.8 milyar) perbulan sampai September 2016.

Draghi mengatakan selama konfrensi pers di Frankfurt bahwa kenaikan yang agresif di dalam neraca keuangan bank akan membantu mendorong inflasi kembali naik menuju level 2%, namun resiko ekonomi masih tetap turun. Inflasi seharusnya naik pada akhir tahun ini, katanya.  

Pelonggaran kuantitatif di Eropa secara keseluruhan adalah berita baik untuk para investor ekuitas," setidaknya untuk selama program tersebut," kata Ben Brettell, ekonom senior di Hargreaves Lansdown. "Ketika bank sentral melakukan pembelian obligasi, para penjual menerima uang. Kecuali mereka berharap untuk menaikan jumlah uang yang mereka miliki, mereka akan menggunakan uang tersebut untuk membeli aset lainnya seperti saham, yang harganya juga naik."

Indeks DAX Jerman ditutup di rekor terbaru karena kenaikan 1.3% menjadi 10,435.62, meskipun indeks turun ke wilayah negatif karena investor memilah-milah rincian dari ECB. Indeks CAC Perancis naik 1.5% menjadi 4,552.80. Indeks FTSE 100 Inggris melejit 1% menjadi 6,796.63.

(fsyl)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar