Sabtu, 25 Maret 2017

stock-index  Stock Index

Pulihnya Komoditas Global Picu Asia Rally

Senin, 22 April 2013 11:00 WIB
Dibaca 366

Monexnews - Secara umum lantai bursa saham Asia hari ini (Senin, 22/4) menguat lantaran para investor termotivasi oleh rebound nya sektor eksportir Jepang terkait pelemahan Yen yang terpuruk ke kisaran rendah dalam 4 tahun terakhir.

Adapun pelemahan terjadi setelah negara Jepang terhindar dari kritikan pedas negara-negara G-20 dalam pertemuannya akhir pekan lalu terkait dengan pelemahan mata uang-nya. Selain itu penguatan bursa saham Asia juga terbantu oleh mulai naiknya harga komoditas global yang turut mendongkrak kinerja saham pertambangan. Tercatat hari ini harga emas, perak, juga termasuk harga minyak dunia terlihat menguat seiring berlanjutnya aksi bargain-hunting pasca kejatuhan tajam pekan lalu.

Di lantai bursa Tokyo, indeks Nikkei nampak melesat di perdagangan awal pekan terutama karena tertopang oleh lonjakan eksportir berkat pelemahan yen dimana hari ini kembali mencapai level 99.88. Dollar AS (USD) nampak kembali melemah hingga mendekati level ¥100 terutama setelah negara-negara yang tergabung dalam kelompok 20 atau G-20 di hari Jumat lalu menyatakan bahwa langkah kebijakan moneter Jepang saat ini memang bertujuan untuk mengakhiri deflasi dan mendongkrak permintaan domestik, bukan untuk melemahkan mata uang.

Dan di akhir pertemuannya, para menteri keuangan G-20 dan gubernur bank sentral memberikan pernyataan bersama bahwa para pembuat kebijakan di seluruh dunia harus mengambil tindakan yang lebih tegas lagi guna membantu memacu sisi permintaan (demand). Selain itu, sejumlah pejabat tersebut mengatakan bahwa Eropa perlu untuk “meningkatkan” dasar-dasar penyatuan ekonomi dan monter, dan bergerak menuju serikat perbankan yang bersatu. Sementara Amerika Serikat perlu menyeimbangkan rencananya untuk mengurangi defisit dan Jepang perlu menjelaskan program pengurangan defisit yang kredibel.

Sedangkan indeks Kospi – Korea Selatan juga terpantau rally terutama terangkat oleh saham-saham berbasis teknologi menjelang laporan keuangan dari LG Display yang akan rilis setelah penutupan pasar hari ini. LG merupakan perusahaan teknologi besar pertama yang akan memberikan laporan pada musim ini dan mungkin akan mempengaruhi sejumlah supplier Apple lainnya. Dan saham LG kini tercatat menguat 1 persen. Sedangkan saham Samsung Electronics meraup untung 0.7% dan LG Electronics menguat 0.5%.

Sementara saham-saham di bursa China daratan nampak berjatuhan di perdagangan hari ini di tengah duka yang dialami negeri China pasca gempa yang mengguncang wilyah propinsi Sichuan pada akhir pekan lalu. Rally indeks Hang Seng turut menjadi terbatas karena saham-saham asuransi mengalami koreksi pasca gempa berkekuatan 7.0 skala ritcher tersebut. Tercatat saham China Life Insurance Co. mengalami penurunan terbesar dengan angka kejatuhan hingga 2.5%, dan Ping An Insurance merosot 1.1%. Sedangkan raksasa HSBC Holdings Plc. terkoreksi lebih dari 0.3%.(dar)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar