Jumat, 21 Juli 2017

stock-index  Stock Index

Rangkaian Data Yang Apik, Lesatkan Shanghai

Senin, 9 Desember 2013 9:45 WIB
Dibaca 366

Monexnews - Lantai bursa Shanghai – China rally di pedagangan awal pekan (Senin, 09/12) berkat para investor menyambut gembira data-data ekonomi yang rilis sejak akhir pekan lalu yang memberikan gambaran ekonomi yang solid di negeri Komunis terbesar itu.

Hari ini pemerintah merilis data inflasi tahunan China yang melambat menjadi 3% untuk bulan November, dari 3,2% pada bulan sebelumnya. Data yang muncul di bawah ekspektasi pasar itu merupakan yang terakhir dari serangkaian laporan ekonomi yang positif dari China daratan.

Sedangkan data yang dirilis akhir pekan lalu menunjukkan surplus perdagangan bulan November mencatat level terkuatnya hampir dalam lima tahun terakhir berkat lonjakan ekspor.Tingkat ekspor China meningkat sebesar 12,7% dari tahun sebelumnya, sementara impor naik 5,3%. Data tersebut mencerminkan adanya peningkatan ekspor ke negara tujuan AS, Eropa, dan Korea Selatan.

Dari data tersebut, untuk ekspor ke AS sendiri meningkat 17,7% pada bulan November dari tahun sebelumnya - laju pertumbuhan tercepat sejak Mei 2012. Sementara ekspor ke Eropa meningkat 18,4%, dan terbesar dalam dua tahun terakhir.

Ekspor China yang menjadi motor utama perekonomian telah menderita sejak terjadinya krisis finansial global, dimana Eropa dan AS tidak lagi menjadi tujuan ekspor yang reliabel. Namun pemulihan bertahap di sejumlah negara-negara maju di dunia dalam beberapa bulan terakhir, telah memperbaiki outlook ekspor China.  

Indeks utama Shanghai komposit tercatat rally +0.07% atau menguat +1.51 poin pada kisaran 2238.61. Di lantai bursa nampak saham berbasis finansial-keuangan mengalami penguatan. Saham China Merchants tercatat rebound hingga lebih dari 5%. Sedangkan saham China Life, Cina Pasifik dan New China Life Insurance masing-masing semuanya melonjak sekitar 2%.(dar)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar