Rabu, 18 Oktober 2017

stock-index  Stock Index

Review Asia: Nikkei Terburuk, IHSG Paling 'Kinclong'

Jumat, 28 Maret 2014 12:23 WIB
Dibaca 729

Monexnews - Bursa saham Asia bergerak variatif selama tiga bulan pertama 2014. Nikkei adalah indeks dengan performa terburuk, sedangkan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) menjadi primadona Asia di awal tahun.

Pada umumnya, saham-saham Asia yang cemerlang tahun lalu justru melemah di awal 2014. Sebaliknya, investor tidak takut lagi mengincar saham-saham medioker dan multi-sektoral untuk memperoleh laba dari fluktuasi harganya. Nikkei Jepang menjadi indeks dengan kinerja terburuk untuk periode Januari-Maret dengan rasio penurunan mencapai 10%. Selain karena alasan fundamental, koreksi yang terjadi merupakan refleksi kejenuhan bursa Jepang yang tahun lalu kenaikannya mencapai 57%. Meurut data yang dikumpulkan oleh Reuters, investor asing membukukan penjualan bersih saham Jepang sebesar 1.84 triliun Yen ($18.1 miliar) sejak awal tahun ini. Jumlah tersebut bertolakbelakang dengan catatan periode yang sama tahun 2013, di mana penjualan bersih di kuartal perdana mencapai rekor 15.1 triliun Yen.

Performa berbeda ditunjukkan oleh IHSG. Indeks kebanggaan Indonesia ini sukses mengukir penguatan 10.8% sekaligus membalikkan kerugian 1% yang dialami sepanjang 2013. Selain dipengaruhi oleh perbaikan postur defisit nasional, minat beli saham juga dipicu oleh penilaian positif pelaku pasar terhadap prospek laba emiten. Faktor pemilu di luar dugaan juga tidak berdampak pada penurunan gairah investasi dan bahkan memberikan optimisme baru.

Secara keseluruhan, indeks saham Asia Tenggara memang bekerja maksimal di tiga bulan pertama 2014. Indeks utama Filipina, PSE, menjadi indeks dengan kinerja terbaik ke-2 Asia dengan perolehan gain mencapai 7.5%. SET Thailand dan Sensex India menyusul di belakangnya dengan rasio kenaikan yang sama yakni 4.8%. Adapun indeks-indeks yang selama ini menjadi lahan favorit investasi seperti Hang Seng dan Shanghai Composite, terpantau melemah 6.5% dan 3.3%.

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar