Kamis, 30 Maret 2017

stock-index  Stock Index

Review Wall St. : Tebus Kerugian Hari Pertama Mei

Jumat, 3 Mei 2013 10:22 WIB
Dibaca 468

<span style="font-family:arial, helvetica, sans-serif;font-size:medium;">Monexnews - Bursa saham Amerika pulih di hari ke-dua bulan Mei 2013 berkat pengaruh positif dari rilis data pengangguran. Pemangkasan suku bunga yang dilakukan oleh Bank Sentral Eropa (ECB) turut memberikan efek yang baik.

Dow Jones industrial average naik lebih dari 130 poin atau nyaris 1% untuk menyentuh level 14,831.58. S&P 500 naik 0.9% guna merapat ke level psikologis 1,600 atau tepatnya di 1,597.59. Sementara Nasdaq bertambah 1.3% menuju level tertingginya sejak bulan November 2000 di 3,340.62.

Satu hari sebelumnya, bursa saham Amerika diterpa oleh aksi jual sehingga terkoreksi 1% namun indeks berhasil mengembalikan kerugian itu semalam berkat beberapa faktor yaitu:

1. Data jobless claim turun ke level terendah dalam lima tahun terakhir. Tunjangan pengangguran menurun ke titik yang tidak pernah terlihat sejak Januari 2008. Hal ini mengejutkan banyak pihak karena sebelumnya data pengangguran diprediksi tidak berubah banyak dibandingkan laporan terdahulu. Investor kini semakin optimis menatap rilis data tenaga kerja Non-farm Payrolls yang akan keluar nanti malam. Ekonom yang disurvei oleh CNN memperkirakan adanya tambahan 140.000 SDM yang diserap oleh pelaku ekonomi Amerika Serikat atau lebih banyak dibandingkan catatan bulan Maret, 88.000. Sementara rata-rata pengangguran diprediksi tidak bergeming dari 7.6%.

2. Untuk kali pertama dalam 10 bulan terakhir, ECB memangkas suku bunga menjadi 0.5% guna membantu kinerja ekonomi di zona Euro. Kebijakan ini sejalan dengan harapan masyarakat ekonomi Eropa yang melihat iklim resesi sudah memasuki tahap kronis. Apa yang dilakukan ECB juga seiringan dengan langkah strategis Federas Reserve, yang sebelumnya mempertahankan program pembelian aset senilai $85 miliar per bulan. Pertimbangan pasar tenaga kerja dan inflasi rendah melatarbelakangi penetapan stimulus ekonomi Amerika.

3. Dari lini korporasi, General Motors dilaporkan mulai bisa meraup pendapatan dari pasar otomotif Eropa. CEO Dan Ackerson mengatakan bahwa optimalisasi laba berhasil dilaksanakan dengan memangkas biaya-biaya dan kesuksesan dalam penjualan produk mobil baru. Saham GM melonjak 3% pasca kabar baik tersebut.

Saham Yelp melonjak sampai 27% berkat hasil laporan keuangan yang bagus di kuartal I. Perusahaan ini berhasil mengurangi kerugian operasional sekaligus mendongkrak angka penjualannya. Hasil data keuangan yang apik juga dicatatkan Facebook, yang mampu mengeruk angka penjualan 38% lebih tinggi di triwulan perdana. Pertumbuhan bisnis mobile dan pemasukan iklan mampu menambah pundi-pundi laba jejaring sosial ini. Kenaikan laba di atas perkiraan juga dialami oleh AIG, perusahaan keuangan raksasa Amerika. Demikian pula dengan LinkedIn yang sukses memperkaya kasnya meskipun proyeksi keuntungan untuk tahun 2013 diturunkan oleh pihak direksi.

4. ING Amerika memulai debutnya di New York dan harga saham perusahaan asuransi ini langsung melejit 7% di hari perdagangan pertama. Unit bisnis ING Belanda ini telah meraup $1.3 miliar dari IPO di awal pekan ini. Sementara itu produsen mikrochip, Intel, menunjuk Brian Krzanich sebagai CEO baru yang mulai bertugas mulai 16 Mei.

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `