Selasa, 23 Mei 2017

breaking-news Ifo: Indeks Iklim Bisnis Jerman naik ke 114.6 di Mei dari 112.9 di April, estimasi 113.1.

stock-index  Stock Index

Review Wall St. : Terbentur Klausul Bailout Siprus

Selasa, 19 Maret 2013 10:42 WIB
Dibaca 421

Monexnews - Siprus sukses membuka kenangan buruk pelaku pasar tentang krisis keuangan di benua biru di awal pekan ini. Bursa saham global langsung hening seketika meski beberapa waktu sebelumnya sempat menapaki rally signifikan.

Pasar saham Amerika Serikat semalam (Senin 18/03) ditutup melemah akibat diterjang isu bailout kontroversial dan pajak bank di negara Siprus. Dow Jones anjlok 0.4% ke level 14,452.06, S&P 500 merugi 0.5% ke level 1,552.10 dan Nasdaq dipaksa surut 0.3% ke level 3,237.59.

Investor mencerna berita yang menyebut bahwa pemerintah Euro akan memungut pajak untuk deposito yang disimpan di bank Siprus sebagai bagian dari klausul bailout senilai 10 miliar Euro bagi negara itu. Kabar buruk dari Eropa sudah memukul kinerja saham Asia dan Eropa beberapa jam sebelumnya. Eratnya korelasi antara krisis keuangan Eropa dan sektor perbankannya membuat eskalasi kecemasan investor kian tinggi. Pun demikian, banyak analis dan ekonom meyakini kalau situasi di Siprus masih terkendali dan efek krisis di negara berpenduduk sekitar 800 ribu jiwa itu tidak akan meluas ke negara-negara lain.

Selain dipengaruhi oleh berita soal Siprus, koreksi pasar saham Amerika semalam juga lebih disebabkan oleh lonjakan indeks yang sudah terlalu besar. Baik Dow Jones maupun S&P 500 masih berputar dekat level tertinggi sepanjang masa pasca kenaikan 10 hari beruntun sejak awal bulan ini. Saham Amerika akhirnya ditutup melemah Jumat lalu sekaligus mengakhiri fase penguatan terlama sejak tahun 1996 silam.

Kembali ke benua biru, Uni Eropa meminta jatah 6.75% dari setiap simpanan deposan di bank Siprus di bawah nilai 100.000 Euro. Sementara untuk jumlah simpanan di atas itu, otoritas berhak mendapat pajak sebesar 9.9%. Klausul itu harus dilaksanakan apabila negara bersangkutan ingin mendapatkan dana talangan untuk melunasi beban-bebannya. Warga Siprus banyak yang langsung bergegas ke ATM dan bank-bank untuk mencairkan uangnya karena takut dengan efek aturan tersebut. Pihak parlemen akan mengambil suara untuk menyetujui klausul yang ditetapkan oleh Uni Eropa atau menolak opsi bailout yang diajukan akhir pekan lalu.

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar