Senin, 23 Januari 2017

stock-index  Stock Index

Review Wall Street: Dow Jones Belum Terbendung

Jumat, 8 Maret 2013 10:50 WIB
Dibaca 527

Monexnews - Penguatan indeks saham utama Amerika Serikat (AS) Dow Jones belum juga surut di sesi perdagangan hari Kamis (07/03). The Dow dinihari tadi kembali memperpanjang torehan rekornya berkat gain 0,2% untuk merapat ke level 14,329.49. Indeks bahkan sempat menjangkau level tertinggi harian di 14,354.69 di awal sesi.

Sementara indeks S&P 500 juga memperlihatkan kinerja apik, naik 0,2% dan hanya terpaut 2% dari rekor tertingginya. Nasdaq tidak mau ketinggalan trend positif dengan kenaikan sebesar 0,3% semalam. Motor penggerak ketiga indeks Amerika adalah rangkaian hasil data tenaga kerja yang muncul di atas ekspektasi plus sentimen tambahan dari laporan manufaktur. Walaupun digoyang oleh isu fiscal cliff dan pemangkasan anggaran federal, perekonomian Amerika hingga kini terpantau solid.

Jelang pembukaan sesi, Departemen Tenaga Kerja merilis laporan initial job claims yang imbasnya cukup positif kepada pasar modal. Klaim pengangguran pekan lalu turun sebanyak 340.000, lebih rendah dibanding revisi klaim satu pekan sebelumnya di 347.000 dan prediksi analis di 350.000. Laporan pertumbuhan tenaga kerja sektor swasta versi ADP juga lebih baik dibanding harapan sehingga menambah optimisme akan munculnya angka payrolls yang lebih besar pada rilis hari ini. Ekonom yang disurvei oleh CNNMoney memperkirakan data non-farm payrolls keluar di angka 170.000 di bulan Februari.

Dari lini emiten, beberapa saham mencatat performa beragam semalam. Saham SolarCity (SCTY) merosot 14% pasca rilis laporan labanya yang jauh di bawah ekspektasi. Sebaliknya Pandora Media (P) sukses menurunkan angka kerugian operasionalnya hingga lebih rendah dibandingkan perkiraan terdahulu dan mampu mematahkan proyeksi revenue versi analis. Harga sahamnya langsung meroket 16% pasca keluarnya data tersebut. Saham lain yang mencatat penguatan signifikan adalah Gap (GPS), yang berhasil menguat 4% setelah laporan penjualan bulan Februari dirilis naik 3% atau melampaui ekspektasi.

Kemarin bursa saham Eropa menutup sesi di level lebih tinggi setelah dua bank sentral, yakni ECB dan BOE, mempertahankan suku bunga masing-masing. Hasil pertemuan otoritas moneter Eropa dan Inggris sesuai dengan perkiraan. Selain itu, Presiden ECB, Mario Draghi juga memastikan pihaknya akan tetap akomodatif dalam mengambil kebijakan selama mungkin guna menggenjot pemulihan ekonomi.

 

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar