Minggu, 26 Maret 2017

stock-index  Stock Index

Review Wall Street: Rally Terhenti Sesaat

Kamis, 7 Februari 2013 10:32 WIB
Dibaca 389

Monexnews - Bursa saham Amerika Serikat (AS) tidak banyak bergerak dalam sesi perdagangan hari Rabu (06/02). Indeks Dow Jones menguat tidak sampai 0,1% ke level 13,896.52. Sementara S&P 500 juga mencatat kinerja tidak berbeda dan menutup sesi di 1,512.12. Nasdaq terkoreksi 0,1% ke level 3,168.48.

Kinerja bursa semalam seakan meredakan trend penguatan kuat yang sudah berlangsung sejak bulan Januari lalu. Ketiga indeks utama sukses mengakhiri bulan pertama 2013 dengan kenaikan antara 4% dan 6%. Setelah berhasil melewati level krusial 14,000 untuk kali pertama dalam lima tahun terakhir, Dow Jones terus bergerak mendekati level tertinggi hariannya di 14,198. S&P 500 juga mampu menjangkau level terbaiknya sejak 2007 dan sedikit lagi mencapai titik tertinggi sepanjang masa. Sebagian besar penguatan indeks dipicu oleh derasnya aliran dana masuk ke aset reksadana dan ETF. Namun investor perorangan, yang dikenal tidak lagi agresif mengambil posisi dalam beberapa tahun terakhir, masih menahan diri.

Berita fundamental yang mendominasi bursa saham semalam adalah soal kisruh politik di Spanyol dan dinamika pemilihan umum Italia. European Central Bank (ECB) akan bertemu hari ini guna membahas tentang kinerja nilai tukar Euro belakangan ini. Presiden Prancis, Francois Hollande, hari Selasa lalu menyatakan bahwa ia cukup khawatir dengan apresiasi mata uang tunggal karena mulai menggerogoti daya saing produk Eropa. Apalagi faktor eksternal saat ini juga tidak mendukung stabilitas kurs valuta Eropa, khususnya setelah kebijakan pelonggaran moneter Bank of Japan mencuat ke permukaan. Euro sudah melonjak tajam terhadap Yen sejak otoritas negeri sakura mengumumkan adanya stimulus moneter baru, dan formula pelemahan nilai tukar JPY. Pun demikian, performa jangka panjang Euro masih dibayangi oleh stabilitas politik dan perbaikan ekonomi di Spanyol dan Italia.

Tanpa adanya rilis data penting domestik, investor semalam mencari motor penggerak dari sektor korporasi. Sejauh ini hasil laba kuartalan emiten Wall Street terbilang memuaskan. Dari 294 perusahaan S&P 500 yang sudah menguak laporan keuangannya, sebanyak 188 di antaranya sukses melampaui harapan analis pasar (data: S&P Capital IQ).

Green Mountain Coffee Roasters (GMCR) mengumumkan laba per saham sebesar 72 sen di kuartal IV, sekaligus mematahkan ekspektasi analis (65 sen). Pun demikian harga sahamnya tetap merosot hingga lebih dari 10% pasca sesi reguler. Sementara Yelp (YELP) dilaporkan mencetak kerugian kuartal IV lebih besar dibanding perkiraan, yakni sebesar $5,3 juta atau 8 sen per saham. Harga sahamnya langsung anjlok 5% di perpanjangan sesi. News Corp mengumumkan laba per saham 44 sen di kuartal akhir 2012 atau sejalan dengan perkiraan analis. Time Warner dan Disney juga mencetak laba memuaskan sesuai harapan.

im)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar