Sabtu, 22 Juli 2017

stock-index  Stock Index

Saham Eropa Flat Menjelang Data Inflasi

Jumat, 29 November 2013 16:31 WIB
Dibaca 761

Monexnews - Sebagian besar saham Eropa diperdagangkan cenderung flat pada hari Jumat menjelang rilis data ekonomi yang diperkirakan akan menunjukkan meredanya tekanan disinflasi di blok Euro, yang dapat membantu mengurangi tekanan pada European Central Bank untuk memperlonggar kebijakan lebih lanjut. Para investor juga terlihat enggan memasuki pasar menyusul data penjualan ritel Jerman yang mengecewakan dan pengumuman rating kredit terbaru dari Standard & Poor’s.

DAX Jerman dan CAC40 Perancis terlihat masih terus bergerak di antara teritori positif dan negatif. Sementara FTSE Inggris mampu beranjak 0,15% lebih tinggi dalam 2 jam pertama perdagangan.

Lembaga pemeringkat Standard & Poor’s pada hari Jumat memangkas rating kredit 'AAA' Belanda menjadi 'AA+', mengacu pada prospek pertumbuhan ekonomi yang lebih lemah dari harapan. Dalam kesempatan yang sama S&P menaikkan rating kredit Siprus dari 'CCC+/C' menjadi 'B-/B', dan menyatakan jika resiko langsung terhadap program penghematan Siprus telah berkurang. S&P juga merevisi naik outlook peringkat kredit Spanyol menjadi stabil dari sebelumnya negatif, seiring pertumbuhan secara bertahap yang berkelanjutan membantu memperbaiki posisi eksternal negari matador.

Dari sisi fundamental, data ekonomi yang dirilis beberapa saat yang lalu menunjukkan penjualan ritel Jerman secara mengejutkan merosot 0,8% pada bulan Oktober seiring volume penjualan menyentuh level terendah sejak Desember 2012. Namun reaksi terhadap data tersebut nampak terbatas seiring fokus pelaku pasar tertuju pada data inflasi zona Euro yang lebih krusial.

Data CPI blok 17-negara diperkirakan akan menunjukkan pertumbuhan 0,8% pada bulan November dari tahun sebelumnya, lebih cepat dari 0,7% yang tercatat pada bulan Oktober. Angka yang lebih lemah dari ekspektasi berpotensi memicu spekulasi pelonggaran kebijakan lebih lanjut oleh ECB. Perlambatan inflasi tahunan pada bulan lalu telah mendorong bank sentral Eropa memangkas suku bunga ke rekor rendah baru. (vid)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar