Jumat, 15 Desember 2017

stock-index  Stock Index

Saham Eropa Rebound di Tengah Kewaspadaan Jelang NFP AS

Jumat, 6 Desember 2013 16:21 WIB
Dibaca 639

Monexnews - Sebagian besar saham Eropa diperdagangkan lebih tinggi pada hari Jumat, dengan rebound dari penurunan 5 sesi beruntun, seiring investor berhati-hati menjelang rilis data ketenagakerjaan AS bulan November nanti malam.

DAX Jerman dan CAC40 Perancis bertengger di zona hijau, dengan masing-masing mengemas kenaikan 0,4% dan 0,2%. Kinerja serupa juga terlihat pada FTSE Inggris, yang menguat sekitar 0,3% dalam 2 jam pertama perdagangan.

Kewaspadaan terlihat mewarnai sesi perdagangan terakhir pekan ini seiring investor menantikan rilis data Non Farm Payrolls AS pada pukul 20.30 WIB nanti malam. Yang beresiko memupus atau bahkan memacu spekulasi tentang pengurangan program stimulus oleh Federal Reserve dalam rapat kebijakan 17-18 Desember mendatang. Data ketenagakerjaan hari ini juga bisa menjadi kabar baik bagi perekonomian, sekaligus berita buruk bagi pasar saham.

Para ekonom memperkirakan ekonomi AS akan menciptakan 180.000 lapangan kerja baru pada bulan November, setelah membukuakn kenaikan 204.000 pekerjaan pada bulan Oktober. Tingkat pengangguran AS diperkirakan juga akan mengalami penurunan menjadi 7,2% dari sebelumnya 7,3%.

Selain itu investor juga terlihat cenderung masih mencerna peringatan terbaru atas resiko deflasi yang mungkin harus dihadapi ekonomi zona Euro. European Central Bank pada hari Kamis kemarin telah mempertahankan suku bunga acuan tidak berubah pada rekor rendah 0,25%. Dalam konferensi pers yang digelar pasca pengumuman kebijakan Presiden ECB Mario Draghi mengatakan bahwa resiko negatif masih membayangi prospek ekonomi blok 17-negara. Draghi juga memperingatkan jika zona Euro beresiko menghadapi pertarungan panjang dengan inflasi yang rendah. (vid)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar