Kamis, 27 Juli 2017

stock-index  Stock Index

Saham Eropa Tertekan Paska Downgrade Rating Italia

Selasa, 6 Januari 2015 18:17 WIB
Dibaca 455

Monexnews -

Bursa saham Eropa anjlok tajam tertekan oleh data ekonomi regional Asia yang lemah ditambah kecemasan baru terkait kesehatan sektor keuangan zona Euro setelah lembaga pemeringkat kredit Standard & Poor’s memangkas rating kredit Italia.

Terpantau sejauh ini indeks FTSE London melemah -1.17% di level 6,272.5, sementara DAX Jerman flat di 9,475.0 dan CAC Prancis melorot -0.45% diperdagangkan di level 4,093.5 sejauh ini.

Data ekonomi yang dirilis di Asia menunjukkan pertumbuhan ekspor China merosot dibawah estimasi selama bulan  November, sedangkan laporan terpisah perekonomian Jepang mengalami kontraksi -1.9% di Q3, lebih buruk dibanding estimasi semula. Secara keseluruhan aktivitas ekonomi Jepang kini menyusut dalam 2 kwartal berturut-turut.

Katalis negative juga datang dari downgrade rating kredit Italia oleh S&P menjadi triple B minus dari triple B, atau hanya satu peringkat diatas rating sampah, disebabkan oleh pelemahan laju GDP Italia.

Data ekonomi juga tidak membantu setelah laporan manufaktur PMI dari zona Euro dan Inggris masih menunjukkan sinyal pelambatan dibanding negara G7. Meski Jerman dan PMI Prancis menunjukkan peningkatan, namun indeks manufaktur Italia anjlok ke 49.4 dibawah harapan 51.4. Italia saat ini masih menjadi kecemasan utama di zona Euro selain prospek exit Yunani dari zona Euro, karena dikhawatirkan Italia juga dapat terpaksa keluar dari keanggotaan zona Euro jika gagal mengucurkan stimulus yang dapat mencegah kejatuhan ekonomi negara tersebut.

Di Inggris, laporan sektor jasa PMI juga anjlok tajam ke 55.8 dibawah perkiraan 58.9, new orders merosot ke 57 dibanding bulan sebelumnya 59. Laju ekspansi yang melambat di Inggris tampak juga di sektor jasa, manufaktur dan konstruksi selama bulan Desember sehingga mengindikasikan aktivitas ekonomi hanya tumbuh 0.5% di Q4 2014. 

(Sap)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar