Selasa, 17 Januari 2017

stock-index Stock Index

Sesi Siang Asia Melempem, Kospi Unggul

Selasa, 14 Mei 2013 12:09 WIB
Dibaca 285

Monexnews - Hingga sesi siang di perdagangan hari Selasa (14/5) nampak sejumlah lantai bursa di Asia bergerak lesu meskipun salah satu komponen Wall Street ada yang mencatatkan level rekor tertinggi baru setelah data retail sales AS yang membaik menopang sejumlah ekuiti di sejumlah pasar di Amerika maupun di Asia hari ini.

Angka penjualan ritel AS di luar perkiraan naik 0,1% untuk bulan April, di atas estimasi -0,3% dan jauh dari angka revisi bulan sebelumnya di level -0,5%. Lonjakan angka penjualan ritel tersebut mengisyaratkan bahwa konsumsi masih akan menopang pertumbuhan ekonomi terbesar di dunia tersebut. Dan data tersebut turut memicu optimisme terhadap keberlanjutan momentum pemulihan ekonomi Amerika.

Di lantai bursa Tokyo, indeks Nikkei sempat menguat di awal perdagangan terutama karena terseret naik oleh indeks S&P 500 yang kembali mencetak rekor tinggi baru semalam di Wall Street. Dan Nikkei kini berkisar di area tertinggi sejak Desember 2007 silam. Namun rally Nikkei hari ini nampak terbatas seiring pelemahan yen tidak terlalu dalam dan masih berkisar di bawah level 102 per dollar. Berbeda dengan sesi kemarin yang sempat bercokol di level 102.14.

Sementara kalangan eksportir Korea Selatan hari ini kembali pulih dari keterpurukan-nya sehingga menghantarkan indeks utama Kospi unggul di perdagangan Asia. Rally Kospi juga lantaran mata uang yen nampak tidak melanjutkan pelemahannya sehingga hal ini turut memberikan semangat sentimen positif bagi kalangan eksportir. Di lantai bursa, terpantau saham Hyundai Motor menguat 1.6% dan KIA Motors melesat hingga lebih dari 3.4%.

Indeks S&P 500 Amerika yang kembali mencetak rekor tinggi baru semalam, juga turut menopang minat beli investor terhadap saham lokal negeri gingseng Korea Selatan. Selain itu, membaiknya angka penjualan ritel Amerika semalam turut mengisyaratkan bahwa konsumsi serta demand, masih akan dapat menopang pertumbuhan ekonomi negeri Paman Sam. Indeks utama Kospi tercatat rebound 1.1% pada kisaran 1970.02. Sedangkan indeks Kospi futures juga terpantau menguat +3.40 poin di area kisaran 257.40.

Sedangkan indeks Hang Seng hari ini juga ikut rally terutama berkat merebaknya optimisme terhadap proses pemulihan ekonomi di Amerika pasca rilis data retail sales yang membaik. Nampak saham asuransi dan perbankan unggul di perdagangan bursa Hong Kong hari ini. Tercatat saham Bank of Communications Co., Bank of China Ltd. dan Ping An Insurance Group Co. rata-rata rally sekitar 1.3%. Sementara saham United Co. Rusal PLC rebound 2.6% setelah produsen aluminum terbesar dunia malaporkan berkurangnya kerugian di kuartal pertama.(dar)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar