Jumat, 28 Juli 2017

stock-index  Stock Index

S&P Sematkan Investment Grade ke Indonesia, IHSG Pecah Rekor

Jumat, 19 Mei 2017 17:00 WIB
Dibaca 4737

Monexnews -  Lembaga pemeringkat utang  Standard & Poor's (S&P) akhirnya menaikkan rating obligasi pemerintah Indonesia menjadi investment grade pada Jumat (19/5). S&P menyatakan rating terbaru ini mencerminkan posisi fiskal pemerintah yang terus menurun risikonya.

S&P menaikkan rating Indonesia menjadi BBB-, dari level BB+, batas obligasi yang kurang diminati investor.

Kenaikan rating ini biasanya berarti biaya penerbitan obligasi menjadi semakin rendah karena negara tersebut bisa menawarkan bunga yang lebih rendah kepada investor.

Sebelumnya, Indonesia telah memperoleh status investment grade dari dua lembaga pemeringkat dunia lainnya, yaitu Fitch dan Moody's lima tahun lalu. Namun penyematan dari S&P tertunda diberikan karena beban anggaran pendapatan dan belanja negara saat itu sangat tidak seimbang disebabkan subsidi bahan bakar minyak meningkat pesat dengan penerimaan menurun akibat ekspor komoditi Indonesia yang menurun terimbas jatuhnya harga sehingga defisit neraca melebar.

"Pemerintah Indonesia telah semakin realistis  dalam mengelola anggaran  sehingga bisa defisit bisa berkurang secara signfikan,”ujar S&P.

Sesaat setelah pengumuman S&P ini, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG ) langsung memecahkan rekor sepanjang masa ke level 5.791 atau menguat 2.59%  sementara rupiah  menguat 0.28% ke 13316 per dolar AS. 

(Irdy)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar