Senin, 27 Maret 2017

stock-index  Stock Index

Terkoreksi, Nikkei Masih Bertahan di Atas 13,000

Rabu, 12 Juni 2013 13:09 WIB
Dibaca 330

Monexnews - Indeks Nikkei akhirnya ditutup turun 0.2% ke level 13,289.32 (spot) pada sesi perdagangan hari ini (12/06). Sementara kontrak terpantau pada level 13.275.

Di sesi pagi tadi, spot Nikkei sempat terperosok 1.8% meskipun masih mampu bertahan di atas psikologis 13,000. Koreksi di bursa Jepang bahkan melampaui rasio penurunan yang dialami oleh indeks saham utama lainnya di wilayah Asia.

Penurunan kinerja saham Jepang terjadi setelah nilai tukar Dollar melemah hampir sebanyak 2 Yen hanya dalam satu malam. USD/JPY kini terlihat di posisi 92.72 setelah kemarin berangsur turun dari level 98 sampai 96.48. Sejak pekan lalu, USD menjauh dari kisaran 100 Yen karena investor memandang negatif segala pelonggaran moneter yang diambil oleh kabinet Shinzo Abe. Pelaku pasar sekarang justru berbalik meragukan kemampuan Abe dalam menjalankan program-program yang dibangunnya sendiri. Dalam pidatonya hari Rabu pekan lalu, Shinzo Abe berjanji untuk melakukan segalanya demi percepatan aktivitas bisnis domestik. Di antaranya adalah pencabutan larangan jual beli produk farmasi secara online dan penciptaan suatu zona ekonomi khusus. Program konkritnya kemungkinan besar baru dirilis dalam beberapa pekan ke depan, namun inti dari kebijakan baru Abe ditujukan untuk menciptakan lapangan kerja, menggalakkan imigrasi warga, mengaktifkan kembali reaktor nuklir yang tidak beroperasi pasca gempa dan membuka lowongan kerja bagi kaum wanita. Sederet wacana itu bertujuan untuk menaikkan pendapatan per kapita minimal 3% per tahun. Sementara itu bank sentral tetap mengutamakan fokus kebijakan pada pencapaian inflasi 2% tanpa harus berdampak pada kenaikan suku bunga obligasi pemerintah. Hutang bruto nasional diproyeksikan menembus 230% dari total GDP pada tahun 2014 dan pos anggaran diharapkan lebih seimbang setelah mengalami defisit selama bertahun-tahun.

Penguatan Yen berdampak buruk terhadap performa harga saham eksportir hari ini. Sony Corp sempat melemah sampai 3%, Renesas Electronics anjlok 4.3% sedangkan duet Toyota dan Nissan terkoreksi sekitar 3%. Indeks Topix berakhir melemah 0.4% ke level 1,096.54. 

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar