Kamis, 25 Mei 2017

stock-index  Stock Index

Tragis, Koreksi Nikkei Masuk Hari ke-6 Beruntun

Kamis, 7 Agustus 2014 12:15 WIB
Dibaca 514

Monexnews -

Indeks Nikkei - Jepang kembali terpuruk di perdagangan hari Kamis (7/8) meskipun telah dilanda aksi jual selama lima hari beruntun dalam 30 hari terakhir.

Koreksi indeks hari ini terutama akibat terbebani oleh penguatan yen terhadap dollar AS serta meningkatnya eskalasi politik di Ukraina. Hari ini, kurs yen sempat diperdagangkan menguat hingga 102,01 per dollar AS setelah kemarin terpuruk hingga 102.64 dan berakhir ditutup pada level 102.10, platform Reuters.

Dari Ukraina dikabarkan bahwa negara Polandia memperingatkan kemungkinan Rusia mengirimkan pasukannya ke Ukraina. Kemarin, Rusia dikabarkan telah mengerahkan 20.000 pasukannya ke perbatasan antara Polandia dan Ukraina sekaligus menyatakan akan membalas sanksi yang telah diberikan kepada mereka.

Kabar lain juga menyebutkan bahwa Amerika Serikat kini telah bergabung dengan NATO dalam mengantisipasi pergolakan di Eropa Timur.

Di pasar Jepang, pergerakan sejumlah saham turut mempengaruhi bursa Tokyo hari ini. Beberapa di antaranya yakni saham Mitsui Fudosan Co yang turun 1,9% dan Mazda Motor Corp turun 1,7%.

Sedangkan saham Sony Corp. anjlok 1.1%, dan Toshiba Corp.tergerus 1.2%. Selain itu saham Suzuki Motor Corp. tercatat (-1.6%), Nissan Motor Co. (-0.6%) dan saham Fast Retailing Co. melemah (-0.7%).

Menurut Misushige Akino, pengamat pasar pada Ichiyoshi Asset Management Co., masalah geopolitik sebenarnya tidak terlalu membebani, namun karena minimnya petunjuk pasar, isu tersebut dijadikan alasan untuk melakukan aksi jual. Dan kebetulan musim laporan keuangan kini akan berakhir sehingga tidak ada alasan lagi bagi pasar saham Jepang untuk naik lebih lanjut.  

Sementara, indeks Nikkei Jepang (N225) tercatat melamah (-0,46%) atau (-69.57) poin pada kisaran area 15090.22.

 

 

(DaruWibisono)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar