Jumat, 28 Juli 2017

stock-index  Stock Index

Tragis, Kurs Yen dan Proyeksi IMF Jebloskan Nikkei

Rabu, 8 Oktober 2014 11:07 WIB
Dibaca 541

Monexnews -

Hingga memasuki sesi II di perdagangan tengah pekan, bursa Tokyo - Jepang tergerus hingga lebih dari 1 persen terutama akibat penguatan nilai tukar yen serta terpengaruh anjloknya Wall Street setelah muncul peringatan dari IMF (Dana Moneter Internasional).

Saat sesi siang di perdagangan hari Rabu (08/10), kurs yen ditransaksikan pada area 108.30 setelah sempat menguat tajam hingga 107.74 terhadap dollar AS (USD), platform Reuters. Kisaran tersebut jauh di bawah level penutupan sesi New York yang tercatat di harga 108.54 yen.

Aksi jual masif di lantai bursa Tokyo juga terpengaruh oleh anjloknya saham-saham di bursa Wall Street akibat merebaknya kekhawatiran terhadap perlambatan ekonomi global setelah Dana Moneter Internasional (IMF) memangkas proyeksi pertumbuhan ekonomi dunia sekaligus memperingatkan kinerja ekonomi Amerika Serikat (AS).

IMF mengingatkan AS, bahwa periode mempertahankan suku bunga mendekati nol persen bisa membuat ekonomi AS mengalami ‘overheating’ dan memperingatkan dampak pasar saham atas pelambatan ekonomi.

Sentimen negatif juga datang dari IMF yang turut memangkas proyeksi pertumbuhan ekonomi Jepang hampir separuh dari proyeksi sebelumnya. IMF menjelaskan bahwa kenaikan pajak penjualan yang di rilis April lalu menjadi penyebab diturunkan nya proyeksi pertumbuhan ekonomi terbesar ke-3 di dunia tersebut.

IMF kini memproyeksikan ekonomi negeri samurai itu akan tumbuh sebesar 0,9% untuk tahun ini, dari proyeksi yang dirilis bulan Juli lalu sebesar 1,6%, setelah Jepang mengalami kontraksi tajam di kuartal kedua. Selain itu IMF juga menurunkan proyeksi untuk tahun 2015 menjadi 0,8% dari sebelumnya 1%, dan menyarankan pemerintah Jepang untuk melakukan reformasi lebih lanjut.

Di lantai bursa nampak saham-saham berbasis eksportir mengalami koreksi tajam lantaran penurunan proyeksi IMF tersebut memicu kekhawatiran bahwa perusahaan-perusahaan akan mengalami masa resesi, terutama yang bertaraf internasional.

Setidaknya tercatat saham Sony Corp. dan Toyota Motor Corp. masing-masing merosot 2%. Saham Hitachi Ltd. (-4.5%), Mitsubishi Electric Corp. (-3.2%), Japan Display Inc. (-3%), Nissan Motor Co. (-2%), dan saham Mazda Motor Corp. (-4.7%). Sedangkan saham Asahi Glass Co. juga anjlok 2.3%.

Sementara indeks utama Nikkei (N225) tenggelam hingga (-1.42%) atau tumbang hingga (-224.01) poin pada kisaran 15559.82.
(dar)  

 

 

 

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar