Selasa, 24 Januari 2017

stock-index  Stock Index

Turki Naikkan Suku Bunga, Nikkei Rally

Rabu, 29 Januari 2014 13:59 WIB
Dibaca 384

Monexnews - Bursa saham Jepang, Nikkei, melonjak tajam pada perdagangan hari ini, mencatat penguatan harian terbesar dalam hampir lima bulan terakhir, setelah bank sentral Turki menaikkan tingkat suku bunga. Langkah bank sentral Turki tersebut mampu menghentikan aksi jual mata uang di negara berkembang, sehingga mengurangi permintaan yen sebagai mata uang safe haven, dan meningkatkan risk appetite investor.

Bank sentral Turki menaikkan semua tingkat suku bunga utama pada rapat darurat yang digelar kemarin. Repo rate  untuk satu pekan dinaikkan menjadi  10% dari sebelumnya 4,5%, dan menaikkan overnight lending rate  menjadi 12% dari 7,75%, dan overnight borrowing  rate  menjadi 8% dari sebelumnya 3,5%.  Yen melemah akibat berkurangnya permintaan akan safe haven, pelemahan yen biasanya memiliki korelasi negatif dengan Nikkei, sehingga menguntungkan bursa saham  Jepang tersebut.

Para trader mengatakan aksi short covering  oleh pemain jangka pendek juga menopang penguatan Nikkei, sementara banyak investor masih fokus pada rapat FOMC yang berakhir hari ini, dan Fed diperkirakan kembali akan memangkas stimulus moneter sebesar $10 miliar.

Spot Nikkei melonjak 403,75 poin atau 2,70%, ditutup pada level 15383,91. Sepanjang tahun ini Nikkei masih kehilangan 4,4%. Nikkei Futures saat ini diperdagangkan pada kisaran 15370 dengan level terendah harian 15180 dan tertinggi 15385. (pap)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar