Senin, 23 Januari 2017

stock-index  Stock Index

Ukraina Memanas, Indeks Eropa Lengser ke Zona Merah

Jumat, 25 April 2014 14:19 WIB
Dibaca 662

Monexnews - Kisruh Eropa Timur kembali berpengaruh negatif terhadap sentimen di bursa saham. Mayoritas indeks saham Eropa dibuka melemah pada sesi Jumat ini akibat terseret oleh memanasnya konflik di Ukraina.

Tensi gangguan keamanan semakin tinggi di Ukraina setelah tentara pemerintah semalam membunuh beberapa pemberontak pro-Rusia. Sementara di saat yang sama, tentara Rusia juga memulai latihan militer di dekat wilayah perbatasan Ukraina. Dua peristiwa ini menjadi indikasi bergejolaknya benturan politik di dua negara yang tengah berseteru. 

Risiko politik yang tinggi di Rusia mendorong agensi rating Standard & Poor's (S&P) untuk menurunkan peringkat kredit negara itu, baik untuk instrumen kredit berbasis mata uang Rubel ataupun valuta asing, dari BBB menjadi BBB- atau hanya segaris di atas level 'junk'. “Buruknya situasi geopolitik antara Rusia dan Ukraina dapat menambah deras aliran dana keluar dari pasar domestik dan makin menurunkan prospek ekonomi Rusia yang sudah lemah," demikian pernyataan S&P. Rusia juga sedang berada dalam pengawasan downgrade agensi pemeringkat lainnya yaitu Moody’s Investors Service, sedangkan Fitch Ratings telah memangkas outlook rating-nya menjadi negatif..

Indeks saham Rusia, MICEX, langsung anjlok 1.6% pasca pengumuman S&P. Adapun indeks FTSE Inggris melemah 0.2% ke posisi 6689.12 di awal sesi Jumat dan indeks gabungan Eropa, Stoxx 600, juga turun 0.4%. Di Prancis, CAC 40 terpantau anjlok 0.45% ke level 4459.17 dan DAX Jerman mengawali hari dengan penurunan 0.7% pada level 9480.18. Nilai tukar Euro bertengger di 1.3834 per US Dollar.  

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar